Wakil Ketua DPRD AH Thony Dukung Penuh Kerjasama Surabaya dengan Kabupaten Sikka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 06 Mar 2022 18:54 WIB

Wakil Ketua DPRD AH Thony Dukung Penuh Kerjasama Surabaya dengan Kabupaten Sikka

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony mendukung penuh terjalinnya kerja sama Kabupaten Sikka, NTT, dengan Pemkot Surabaya. Lembaga legislatif di Kota Pahlawan ini akan terus memfasilitasi kerja sama saling menguntungkan kedua daerah. 

"Surabaya terbuka untuk menjalin kerja sama dengan daerah manapun di semua bidang. Saatnya Surabaya memberi manfaat kepada daerah lain. Begitu sebaliknya, kota ini bisa mengambil manfaat yang saling menguntungkan," kata Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony, Minggu (6/3).

Baca Juga: Atasi Banjir dari Saluran Air di Seluruh Kampung

Saat ini, kabupaten yang terkenal dengan Kota Maumere nya itu berinisiatif membuka kerja sama antar pemerintahan. Selama ini kedua kota itu sudah menjalin kerja sama di bidang bisnis dan perdagangan. Tapi antar pengusaha. Belum government to government. 

Permulaan kerja sama Sikka itu diawali dengan kunjungan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo beserta rombongan ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya. AH Thony menyambut hangat orang nomor satu di Kabupaten Sikka itu.

“Sebuah kehormatan dan mengejutkan dengan kedatangan Pak Bupati beserta rombongan ke Kota Surabaya. Langkah bagus untuk penjajakan kerja sama yang saling menguntungkan,” kata Thony.

Politisi Gerindra ini menandaskan bahwa Surabaya dikenal sebagai kota pelabuhan dan perdagangan. Sarana transportasi maritim ini bisa langsung menembus Maumere. Sementara Sikka dengan potensi kekayaan alam yang luar biasa. Semua potensi bisa saling dimaksimalkan.

Thony menuturkan, bahwa Kota Surabaya mendukung langkah pemerintah pusat terkait jalur rempah indonesia sebagai heritage dunia. Salah satunya bisa direalisasikan dengan kerja sama kedua daerah. 

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony Ajak Warga Budayakan Tidak Buang Sampah di Saluran Air

Disampaikan bahwa inisiatif Bupati Sikka tersebut juga sebagai pembuka kerja sama untuk masa depan kedua daerah. Meski Surabaya telah dikenal sebagai kota kedua setelah Jakarta dan tergolong maju, akan makin bergairah saat kerjasama terjalin dengan banyak daerah

"Harus disadari bahwa Kota Surabaya sangat tergantung pada sektor pertanian dari daerah-daerah lain. Terjalinnya kerja sama dengan Sikka bisa dimaksimalkan untuk pemenuhan komoditas pertanian ini," kata Thony.

Dalam kunjungan rombongan Kabupaten Sikka yang dipimpin langsung Bupati itu akan menawarkan kerja sama bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Pemkot dan semua pihak harus menyambut baik dan saling melengkapi.

Memajukan daerah tidak perlu terus menunggu pemerintah pusat. Perlunya inisiatif dan kesadaran kreativitas terkait visi misi masing-masing kepala daerah baik di Kota Surabaya dan Kabupaten Sikka. "Kami mendukung penuh," kata pimpinan DPRD asli Bojonegoro ini.

Baca Juga: Halal Bihalal Hari Pertama Masuk Kerja, DPRD Surabaya Optimalkan Kinerja

Inisiatif kerja sama Bupati Sikka dan Wali Kota Surabaya nantinya sebagai langkah masa depan dalam memajukan kedua daerah. Bukan siapa yang lebih berperan, tapi harus saling menguntungkan di semua bidang.

Kerja sama pucuk pimpinan daerah itu nantinya menjadi percontohan daerah lain. Peningkatan kerja sama segala bidang menjadikan agenda yang harus direalisasikan untuk setiap Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia.

Bupati Sikka Fransiskus Roberto menyampaikan bahwa ini merupakan kunjungan yang pertama kali ke DPRD Kota Surabaya. “Untuk menyiapkan sebagai pembuka jalan, membangun kerja sama antar daerah, antar Kota Surabaya dengan Pemkab Sikka," katanya. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU