Wakil Ketua DPRD Gresik Apresiasi Gelaran Sedekah Bumi Dusun Betiring

Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Saidah didampingi sesepuh Dusun Betiring, Camat Cerme Umar Hasyim, Kades Banjarsari Agus Suwondo saat menyaksikan parade ancak pada acara Sedekah Bumi Betiring. SP/Grs

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Sedekah Bumi kembali digelar warga Dusun Betiring, Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Gresik setelah dua tahun dihentikan akibat pandemi. 

Kegiatan dalam rangka melestarikan budaya leluhur itu direspon positif oleh Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Saidah dengan memberikan dukungan agar acara tahunan ini tetap terjaga.

“Dari sekian banyak gelaran sedekah bumi yang pernah saya hadiri, acara Sedekah Bumi di Dusun Betiring inilah yang paling istimewa. Gebyarnya meriah sekali, benar-benar luar biasa,” katanya, Sabtu (26/6).

Selain itu, politikus Gerindra ini mengaku kagum dengan masyarakat Betiring yang begitu kompak, guyub rukun dan penuh semangat dalam membangun kebersamaan di acara Sedekah Bumi.

"Acara yang digelar oleh masyarakat Betiring Desa Banjarsari patut diapresiasi dan layak diteladani masyarakat desa lain. Apalagi warganya sangat kreatif dengan membuat rangkaian makanan dan minuman dalam wadah khusus sehingga menarik untuk dilihat," ujarnya.

Pada kesempatan itu Nur Saidah juga menyampaikan pesan pembangunan. Misalnya terkait akan direalisasikannya pada tahun ini proyek jalan yang menghubungkan Desa Banjarsari dengan Desa Kedanyang. 

"Karena jalan itu tak kunjung diselesaikan maka saya langsung tanyakan ke Dinas Pekerjaan Umum. Ternyata tahun ini bakal dikerjakan dengan biaya anggaran Rp3 miliar," ungkapnya yang disambut aplus oleh warga.

Menurut Nur Saidah, tugasnya sebagai wakil rakyat adalah mengawasi setiap kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah agar sesuai dengan rencana.

Bahkan, dirinya mengaku siap memberikan bantuan melalui dana pribadi agar bisa membenahi persoalan di Desa Banjarsari.

"Beberapa waktu lalu, Kades Banjarsari sempat sambat ke saya terkait kondisi punden (makam sesepuh desa) yang tidak terawat. Maka saya nyatakan siap membantu untuk dibangun atau diperbaiki," tutupnya. grs