Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony Ajak Generasi Muda Lestarikan Aksara Jawa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 01 Nov 2023 09:32 WIB

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony Ajak Generasi Muda Lestarikan Aksara Jawa

i

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony bersama puluhan mahasiswa dari Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Fakultas Hukum UPN Veteran Surabaya melakukan agenda menulis aksara Jawa bersama di kain yang terbentang sepanjang 5 meter di Balai Pemuda. SP/ Al Qoma

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dengan semangat Sumpah Pemuda, Wakil Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Surabaya AH Thony terus berjuang dan mengajak anak muda untuk melestarikan aksara Jawa.

Selasa (31/10) bersama puluhan mahasiswa dari Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Fakultas Hukum UPN Veteran Surabaya, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony berkumpul di halaman Balai Pemuda melakukan agenda menulis aksara Jawa bersama di kain yang terbentang sepanjang 5 meter.

Baca Juga: Gelar Rapat Anggota Tahunan, KSDR Laporkan Kinerja Keuangan Tahun 2023

AH Thony mengatakan kegiatan ini dilakukan setelah mahasiswa memberikan info bahwa mereka ingin bertandang ke kantor dewan. Thony menyambut baik berita itu dengan mengagendakan aktivitas di Balai Pemuda. Hal itu sekaligus upaya untuk memberikan edukasi tentang aksara Jawa.

“Ini juga masih dalam rangka Sumpah Pemuda yang diperingati pada 28 Oktober lalu. Jadi, generasi muda harus terus ditatar untuk bisa makin mencintai bangsanya. Salah satunya dengan memberikan pemahaman tentang budayanya sendiri,” ungkap AH Thony, Selasa (31/10/2023).

Thony melanjutkan, dengan semakin akrabnya generasi milenial dengan aksara Jawa, diharapkan mereka bisa menularkan kecintaan itu pada gen-Z. 

“Meski kini globalisasi melanda dan budaya luar bisa kita ketahui dengan mudah, namun sebagai WNI kita harus punya tameng. Yakni, dengan menebalkan cinta kita pada budaya dan tanah air,” terangnya.

Baca Juga: Roti 7 Lapis DPKP Surabaya Jadi Percontohan Nasional

Sementara Ketua Umum BLM Fakultas Hukum UPN Veteran Rafi Great AR mengatakan, ia begitu antusias untuk datang. Pasalnya, ia bersama teman-temannya tengah gencar menggaungkan budaya lokal. 

Dengan menulis aksara Jawa bersama dewan, generasi muda bisa mendapatkan edukasi langsung. Terlebih, ia mengetahui bahwa AH Thony cukup fasih di budaya jawa.

“Ini juga jadi bentuk pencegahan terhadap budaya dan identitas Jawa agar tak hilang ditelan jaman. Apalagi di era globalisasi, budaya luar bisa dengan mudah masuk,” ujar Rafi.

Baca Juga: Bocah Cerebral Palsy Ditelantarkan Orang Tua, Dinsos Jatim Turun Tangan

Rafi mengatakan bahwa para mahasiswa yang rata-rata kelahiran 2004-2005 tersebut kurang akrab dengan aksara Jawa. Terakhir, mereka mempelajari aksara Jawa saat SD dulu. 

“Ini mengakrabkan kembali dengan budaya kita yang sesungguhnya. Sekaligus sebagai pengingat bahwa menjaga budaya nusantara adalah tanggung jawab semua elemen, terutama mahasiswa,” tutur Rafi.

Wanda Siagian yang merupakan mahasiswa asal Medan begitu antusias mengikui kegiatan itu. Ia mengatakan bahwa ini kali pertamanya menuliskan aksara Jawa. “Tadi saya menuliskan nama saya. Ada kesulitan saat menulis, tapi menyenangkan sekali. Kedepan saya ingin mempelajari lebih dalam aksara dan budaya Jawa,” ujar mahasiswa semester 1 Jurusan Hukum tersebut. Alq

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU