Wakil Ketua DPRD Laila Mufidah Akan Kawal Proses PPDB

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 07 Jun 2021 20:59 WIB

Wakil Ketua DPRD Laila Mufidah Akan Kawal Proses PPDB

i

Ilustrasi proses belajar tatap muka 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Guna memastikan berjalannya layanan proses tahapan PPDB ini di Surabaya secara maksimal, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surabaya Laila Mufidah akan terus mengawal dan mencermati pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB). 

"Saya sendiri akan mengawal pelaksanaan PPDB agar berjalan fair, berkeadilan, dan menampung semua kepentingan warga Surabaya. Protes warga saya berharap tidak ada," ungkap Laila, Senin (7/6).

Baca Juga: Ketua Komisi B Usulkan PKL Jl KH Mas Mansyur Bisa Berjalan hingga Selesai Bulan Ramadhan

Menurut Laila, sistem PPDB yang sudah ada dan harus berjalan maksimal. Terutama hal mendasar terkait hal teknis. Surabaya adalah kota besar dan dikenal Smart City. Web Pendaftaran PPDB online tidak trouble. Pendaftaran PPDB melalui http://www.ppdb.surabaya.go.id.

Bisa diakses 24 jam tanpa batas. "Karena PPDB ini sifatnya layanan, jangan sampai warga terkendala. Termasuk warga tak punya smartphone dan tidak punya kuota harus difasilitasi," terang Laila.

Meski pendaftaran secara online, namun Dindik Kota Surabaya harus juga menyediakan pusat layanan. Sukur-sukur bisa ada di setiap kecamatan. Paling tidak di Kantor Dindik Kota Surabaya di Jagir Wonokromo ada layanan yang membantu orang tua atau siswa yang terkendala. 

Pimpinan DPRD yang akrab disapa Ning Laila ini juga meminta kepada warga Surabaya ikut mengawal pelaksanaan PPDB agar berjalan lancar. Semua jalur PPDB tidak merugikan masyarakat.

Pendaftaran PPDB akan dimulai pada 10 Juni 2021. Ada empat jalur yang bisa diperebutkan CPDB sesuai pagu. Pagu Jalur Zonasi 50 persen. Jalur Prestasi 30 persen, Jalur Pindah Tugas Ortu 5 persen, Jalur Afirmasi Inklusi dan Mitra Warga (15 persen). 

Baca Juga: Laila Mufidah Dorong Pemkot Lakukan Optimalisasi Penanganan Banjir di Surabaya

Saat ini hingga 9 Juni 2021 adalah masa uji coba pendaftaran. Seluruh CPDB saat ini sudah mengantongi PIN setelah melalui tahapan validasi data siswa. PIN ini digunakan untuk mendaftar.

Uji coba pendaftaran dimulai sejak 3 Juni 2021 kemarin. Selama seminggu, panitia PPDB akan mengadakan uji coba pendaftaran. Dindik diminta mencermati dan mengevaluasi secara menyeluruh.

Selanjutnya, tambah Ning Laila, bisa diidentifikasi kendala CPDB itu dalam hal apa. Apakah kendala teknis atau nonteknis. Petugas harus siap membimbing jika ada kendala. Termasuk siswa yang bisa harus mengajari yang belum bisa.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah Desak Pembangunan Saluran dan Gorong-gorong jadi Prioritas

Pendaftaran PPDB akan dimulai dengan Jalur Afirmasi Mitra Warga dan Inklusi. Pendaftaran keduanya Dibuka pada 10-15 Juni 2021. Pengumuman 16 Juni 2021. 

Dilanjutkan pendaftaran PPDB Jalur Perpindahan Orang Tua pada 14-15 Juni 2021. Verifikasi akan dilakukan pada hari itu juga. Pengumuman 16 Juni 2021.

Pendaftaran PPDB Jalur Prestasi 16-20 Juni 2021. Verifikasi pada 17-22 Juni 2021. Pengumuman 23 Juni 2021. Pendaftaran PPDB SMP Jalur  Zonasi 23-25 Juni 2021. Pengumuman 26 Juni 2021. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU