Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufida Mendorong Prioritaskan Pembangunan Fasilitas Warga

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 23 Okt 2022 19:36 WIB

Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufida Mendorong Prioritaskan Pembangunan Fasilitas Warga

i

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya Laila Mufidah, saat melakukan sidak aset Pemkot Surabaya yang terbengkalai di Jalan Cumpat, Kedung Cowek, Rabu (19/10) lalu.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot) memiliki banyak aset berupa lahan hingga banguna yang belum maksimal, seperti bangunan di Jalan Cumpat, Kedung Cowek ini salah satunya. 

Dalam inspeksi mendadak (Sidak) Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya Laila Mufidah, tampak reruntuhan bangunan yang berserakan di atas lahan seluas 17x23m² yang terbengkalai bertahun-tahun tanpa manfaat.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah Tinjau Pencairan Marbot Musala dan Penjaga Rumah Ibadah

Didampingin Ketua RT 3 Hendik Tri Maryono dan Ketua LPMK Kedung Cowek Jamilan, Laila berkeliling disana sambil menampung keluhan warga. Dulunya, reruntuhan tersebut merupakan koperasi swasta dan minimarket. Di bangun di atas aset Pemkot, bangunan yang terdata masuk di RT 3 RW 2 Cumpat, Kedung Cowek tersebut.

Setelah masa sewanya habis beberapa tahun lalu, kemudian bangunan terbengkalai seperti ini. Matinya aset Pemkot ini juga disayangkan oleh Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah,"Ini sangat luas, sayang jika tak termanfaatkan. Saya banyak mendapat laporan dari warga sekitar bahwa disini ada aset pemkot yang kurang terawat," ungkapnya di sela-sela Sidak di Jalan Cumpat, Kedung Cowek Rabu (19/10) lalu.

Laila Mufidah mendorong Pemkot untuk segera memprioritaskan pembangunannya fasilitas warga, Dispora dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Surabaya perlu bersinergi demi menentukan langkah.

"Masalahnya, bangunannya sudah dibongkar berbulan-bulan namun belum ada langkah lanjutan. Ini perlu segera dibangun lapangan futsal untuk memberikan wadah beraktifitas warga setempat," sambungnya.

 

Maka dari Laila mendesak Pemkot Surabaya untuk segera merevitalisasi gedung terbengkalai di area itu agar bisa dimanfaatkan oleh warga. Dan dirinya  akan mengawal pengelola aset Pemkot ini agar dapat dimanfaatkan warga secara tepat dan optimal.

Baca Juga: Dewan Minta Pemkot Surabaya Serius Tangani Pengelolaan Sampah TPA Benowo 

Menurut Laila, selain lapangan futsal, Laila juga melihat peluang lain dari lahan aset Pemkot tersebut. Yakni, sebagai tempat bagi warga yang ingin melangsungkan hajatan. Sebab, warga disana umumnya memiliki halaman rumah yang cukup kecil. Laila berharap pembangunan bisa dilakukan secepatnya, setidaknya mulai tahun depan.

Semtara Ketua RT 3 Hendik Tri Maryono pembongkaran bangunan tersebut atas Perintah dari Pemkot Surabaya jika mau dimanfaatkan warga.

"Setelah dibongkar, Namun sampai sampai sekarang tidak ada tindak lanjut lagi dari Pemkot," ungkap Hendrik.

Hendrik menyayangkan adanya aset Pemkot yang terbengkalai. Sementara fasilitas umum di daerah tersebut tak disediakan dengan maksimal. Seharusnya, di lahan tersebut bisa dibangun fasilitas yang bermanfaat untuk warga.

Baca Juga: Atasi Banjir dari Saluran Air di Seluruh Kampung

"Dulu, ada lapangan yang kami gunakan untuk olahraga. Tapi kemudian dialihfungsikan untuk pembangunan Taman Suroboyo. Jadi, tak ada lagi tempat bagi kami, terutama anak-anak dan remaja, untuk berolahraga," ujar Hendik.

Setelah Taman Suroboyo diresmikan pada 2019, warga jalan Cumpat resmi tak punya fasilitas untuk berolahraga. Hendik mengungkapkan bahwa tak adanya fasilitas tersebut membuat kenakalan remaja meningkat karena mereka tak punya tempat untuk berkegiatan produktif.

"Perwakilan RT, RW, dan LPMK sudah mengajukan pembangunan lapangan futsal ke Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surabaya (Dispora). Jawabannya, Dispora bisa membangun jika ada lahan. Sekarang sudah ada lahan, tapi tak kunjung dibangun," tutur Hendik. Ia berharap, akan ada tindakan dari Pemkot atau Dispora mengenai pembangunan lapangan futsal. Sebab, banyak pemuda yang berbakat dalam sepak bola di daerah tersebut dan kerap menjuarai pertandingan. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU