Wakil Ketua Komisi C Pastikan Pelaksanaan Vaksin Dosis 2 Lancar dan Rumah Sehat Siap Difungsikan

Wakil Ketua Komisi C Aning Rahmawati meninjau Rumah sehat Medokan Ayu. SP/Alqomar

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Wakil Ketua Komisi C Aning Rahmawati turun ke puskesmas  dan Rumah sehat Medokan Ayu, selain memastikan prosesnya juga memberikan bantuan pada Satgas Covid 19 yang sudah bekerja luar biasa. 

“Mendengar banyaknya pengaduan warga sekaligus juga kegaduhan di beberapa tempat pelaksanaan vaksin tahap kedua di Surabaya timur, Aning langsung turun untuk memastikan kebenaran datanya sekaligus juga mencari solusi untuk pelaksanaaan vaksin di Surabaya agar lebih tertib, terkendali dan memberikan kenyamanan pada warga,” ungkap Aning Rahmawati, Kamis (5/8).

Aning melanjutkan, pengaduan yang masuk diantaranya adalah peserta vaksinasi  sudah datang mruput jam 6 pagi, tapi masih kehabisan, ini terjadi di puskesmas Rungkut. Peserta vaksinasi yang lain malah datang jam 4 tetap kehabisan dan tidak jadi vaksinasi, hal lain adalah minimnya sosialisasi dan komunikasi. 

Dari banyaknya pengaduan yang masuk dari warga, Aning mencoba turun dan menganalisa, di puskesmas medokan ayu hari ini, tanggal 5/8 sedang terjadi proses vaksinasi untuk 600 peserta. 

“Alhamdulillah saat dipantau, proses berlangsung tertib dan nyaman. Setelah dianalisa ternyata peran satgas covid 19 yang terus membantu dan mengawal proses vaksinasi sangat berperan. Mulai dari mengawal antrian, komunikasi dengan warga agar bisa diatur antriannya, sampai pada melayani komunikasi dengan warga secara paripurna,” katanya.

“Jadi peran satgas covid untuk membantu proses vaksinasi ini dampaknya sangat signifikan sekali pada kelancaran dan juga kenyamanan warga. Aning juga memberikan bantuan berupa APD, sembako dan vitamin probiotik untuk petugas satgas covid 19. Ketika ditanya tentang apakah honornya sudah cair dari pemerintah kota, ternyata masih belum,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui ada honor yang diterima oleh satgas, masing 2 RW dapat jatah 4 orang satgas sebagaimana disampaikan kadinkes dan juga lurah medokan ayu ditempat yang terpisah.

Sekretaris fraksi PKS ini memberikan catatan  pada pemerintah kota terkait vaksinasi diantaranya adalah, pelibatan secara penuh satgas covid 19 di tempat vaksinasi terjadwal dengan SOP yang dipastikan memberikan kenyamanan dan kelancaran proses vaksinasi, disamping itu proses antrian dan juga pendaftaran secara online bisa menjadi alternative untuk antisipasi kehabisan vaksin, atau jika offline system antriannya maka petugas di tempat harus betul betul sigap untuk  membatasi jumlah peserta sesuai quota dengan komunikasi yang baik.

“Sehingga warga tidak perlu antri padahal stok sudah habis, dan yang terakhir untuk Rumah sehat proses pelatihan terhadap petugas yang rata rata non medis harus segera dilakukan karena penjaga rumah sehat sudah khawatir tidak bisa melayani dengan baik karena belum terbiasa, rumah sehat di medokan ayu sudah siap dan belum ada yang masuk,” katanya. Alq