Wakil Wali Kota Mojokerto Wafat saat Tugas Dinas di Surabaya

Jenazah Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria saat tiba di rumah duka di Kelurahan Pulolor, Kecamatan Prajuritkulon. 

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria meninggal dunia, Jumat (8/10/ 2021) sore. Politisi yang akrab disapa Cak Rizal ini menghembuskan nafas terakhir pukul 16.15 WIB saat menjalani perawatan di RS dr Soewandi Surabaya.

Informasi yang dihimpun, Cak Rizal sebelumnya menghadiri pameran job fair di Grand City, Surabaya. Namun mendadak ia mengeluhkan sakit dan langsung dibawa ke RS dr Suwandi Surabaya untuk menjalani perawatan medis.

"Yang jelas pada sekitar jam 15.16 WIB tiba-tiba beliau mengalami keluhan dan langsung dibawa ke rumah sakit. Kurang lebih pukul 16.15 WIB beliau wafat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo.

Sejauh ini Gaguk mengaku belum mengetahui sakit yang diderita Wakil Wali Kota Mojokerto Periode 2018-2023 itu. Selama ini Cak Rizal juga tidak pernah mengeluhkan sakit kepada dirinya. Bahkan sehari sebelumnya politisi Partai Gerindra itu masih menjalankan tugasnya sebagai Wakil Wali kota Mojokerto ke Blitar. 

"Saya sendiri belum pernah mendengar keluhan yang dirasakan beliau sehingga saya tidak tahu persisnya. Yang jelas satu hari kemarin beliau masih aktif menjalankan tugas ke Blitar," imbuh Gaguk.

Rencananya jenazah Cak Rizal akan dimakamkan malam ini di TPU Makam Panjang di Desa Losari, Kecamatan Gedek, Kabupaten Mojokerto. Sebelum dikebumikan, jenazah Cak Rizal akan disemayamkan sebentar di rumah duka Kelurahan Pulolor, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto.

"Insya Allah berdasarkan hasil komunikasi dengan pihak keluarga dimakamkan malam ini di makam panjang utara sungai. Kami seluruh jajaran Pemkot Mojokerto dan warga kota merasakan duka mendalam atas kepergian beliau," tukas Gaguk.

Sementara itu, pantauan di lokasi jenazah Cak Rizal tiba di rumah duka sekira pukul 18.41 WIB. Kedatangan jenazah disambut tangis haru pihak keluarga. Putri Cak Rizal yang tak kuasa menahan kesedihan nampak berteriak histeris saat mobil jenazah memasuki halaman rumah.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari terlihat turut menjemput jenazah dari Surabaya. Setibanya di rumah duka, jenazah langsung disemayamkan dan disucikan. Usai dishalatkan, jenazah Cak Rizal kemudian dibawa ke TPU Makam Panjang untuk dikebumikan. Dwi