Wali Kota Ajak Masyarakat Pasuruan Berantas Rokok Ilegal

Gus Ipul saat sosialisasi pemberantasan rokok ilegal yang dilakukan Pemkot Pasuruan

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Sebagai salah satu tumpuan keuangan negara, cukai rokok selama ini mampu menjadi sumber pendapatan yang jumlahnya besar.

Setiap tahun kurang lebih 65 triliun rupiah pemasukan kas negara berasal dari cukai rokok.

Namun, potensi ini dihadapkan dengan tantangan peredaran rokok ilegal.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf mengajak masyarakat untuk ikut berperan memerangi peredaran rokok ilegal tanpa pita cukai resmi yang dikeluarkan pemerintah.

Menurut Gus Ipul, keterlibatan aktif masyarakat itu sangat bermanfaat karena ini adalah upaya mengurangi kebocoran pendapatan negara.

Sebab pendapatan negara melalui cukai rokok inilah yang nantinya didistribusikan kepada daerah secara proporsional melalui DBHCHT.

Hal itu disampaikan Gus Ipul saat sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Cukai (DBHCHT) ke masyarakat di Kecamatan Bugul Kidul, Selasa (27/9/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan ketentuan hukum dan edukasi masyarakat terhadap DBHCHT.

Rokok yang tidak ada cukainya ini tidak menjadi pemasukan negara. Hanya menguntungkan pribadi-pribadi tertentu. Jangan dibeli” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul menyampaikan, tahun 2022 Kota Pasuruan mendapat DBHCHT sebesar 21 Miliar Rupiah. Dana ini nantinya menjadi tambahan untuk melayani masyarakat.

Pada tahun 2022 tanggungjawab penggunaan DBHCHT yang diberikan kepada Pemkot Pasuruan dilaksanakan oleh Satpol PP," papar dia.

DBHCHT ini nantinya akan digunakan Pemkot untuk beberapa kegiatan, diantaranya sosialisasi dan edukasi pemberantasan rokok ilegal.

Dukungan permodalan bagi masyarakat atau bantuan sosial lain, serta bantuan di bidang kesehatan masyarakat untuk peningkatan pelayanan.

“Memang jika dilihat dari nominalnya ini sedikit. Namun semoga bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat," urainya.

Gus Ipul pun berharap agar masyarakat ikut berperan aktif dalam memberantas peredaran rokok ilegal tanpa cukai. Ia juga menghimbau agar masyarakat aktif melapor.

Semisal, menemukan rokok ilegal, masyarakat diminta melapor ke pihak yang berwajib apabila menemui adanya praktik produksi dan distribusi rokok tanpa cukai.

“Silahkan dilaporkan apabila disekitar Anda terdapat peredaran rokok ilegal agar bisa ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang,” pungkas dia. ris