Wali Kota Eri Soroti Kurangnya Satgas Kebersihan di Lapangan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 29 Apr 2021 13:31 WIB

Wali Kota Eri Soroti Kurangnya Satgas Kebersihan di Lapangan

i

Wali Kota Eri Cahyadi terjun langsung membantu satgas menyapu daun-daun kering di sepanjang jalan Ahmad Yani pada Rabu, (28/4) kemarin. SP/HUMAS PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI,Surabaya -  Kurangnya Satuan Tugas (Satgas) kebersihan di lapangan mendapat sorotan dari Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Hal itu diungkapnya waktu memimpin rapat kordinasi saat digelarnya kegiatan bersih-bersih di sepanjang jalan Ahmad Yani pada Rabu, (28/4) kemarin.

Dikesempatan itu Wali Kota, Eri Cahyadi ingin melakukan evaluasi terkait kemampuan satu orang satgas dalam membersihkan kawasan. Karena diharapkan jumlah satgas yang ditempatkan di setiap kawasan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

"Pak Wali memberikan arahan untuk memastikan satgas kebersihan itu mengerti, tugasnya apa, mulai kerja dan selesainya jam berapa, hingga wilayah-wilayah yang harus dibersihkan itu sampai di mana," Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Anna Fajriatin, Rabu, (28/4).

"Beliau memberikan wejangan (arahan) ke kami, ayo dihitung ulang. Jadi kemampuan atau tenaga satu orang (satgas) itu berapa. Ayo dihitung lagi. Jadi beliau memberikan waktu untuk evaluasi total terkait teman-teman Satgas," imbuhnya.

Bahkan, wali kota juga memberikan solusi agar satu orang satgas tanggungjawab wilayahnya bisa dibuat per kilometer. Selanjutnya, untuk kilometer berikutnya bisa dibebankan atau menjadi tanggungjawab satgas yang lain.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

"Jadi Pak Wali Kota ingin agar jalur protokol itu tidak kotor, bersih dari sampah-sampah daun ataupun ranting pohon. Apalagi, Pak Wali Kota dulu juga pernah di DKRTH, jadi paham kondisi di lapangan," ujarnya.

Sebetulnya, kata Anna, ada beberapa kawasan yang sebelumnya DKRTH menggandeng kerja sama dengan pihak ketiga untuk pembersihan. Namun, karena adanya refocusing anggaran dampak dari pandemi Covid-19, sehingga tahun ini kerjasama itu tidak dilakukan.

"Kemudian kemarin jumlah satgas kan juga berkurang, karena ada yang bukan KTP Surabaya. Nah ini kan juga membuat jumlah tenaga di DKRTH jadi berkurang," ujarnya.

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

Pada kesempatan ini,  Wali Kota Eri Cahyadi tak segan terjun langsung membantu satgas menyapu daun-daun kering di kawasan itu. Kondisi angin dan hujan, memang tengah membuat kawasan itu cepat menjadi kotor. Apalagi, ditambah dengan kurangnya satgas kebersihan di lapangan.

Hal itu lantas yang kemudian membuat Wali Kota Eri Cahyadi ingin memonitor langsung kebersihan di sepanjang jalan protokol tersebut. Belasan karung berwarna putih, terlihat berjejer  untuk mengangkut sampah daun kering dari hasil bersih-bersih di sepanjang jalan protokol itu.na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU