Wali Kota Gerak Cepat Beri Bantuan Korban Kebakaran Rumah

Wali Kota Ning Ita saat memberikan bantuan kepada warga yang mengalami musibah kebakaran rumah. SP/Dwy Agus Susanti

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali kota Mojokerto, Ika Puspitasari bergerak cepat dalam memberikan bantuan kepada warga yang mengalami musibah kebakaran rumah.

Selasa (4/5/2021), Wali Kota Ning Ita menyerahkan bantuan kepada Ibu Suhermin, korban kebakaran rumah di Jalan Brawijaya, Kelurahan Kauman, Kecamatan Prajuritkulon. 

Dengan didampingi Plt. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Heru Setyadi, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota Mojokerto Choirul Anwar, Camat Prajurit Kulon Mochamad Hekamarta Fanani, Wali Kota Ning Ita menyerahkan bantuan modal usaha senilai Rp 4 juta.

Tidak hanya itu, Ning Ita juga menyerahkan bantuan berupa etalase, kursi, tabung elpiji, terpal, kulkas dan perlengkapan makan.

"Bu Hermin ini kebetulan adalah salah satu pengusaha kuliner, meskipun di saat puasa saat ini beliau libur berjualan tapi biasanya saat idul fitri warungnya buka kembali," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Ning Ita, Ia berharap dengan adanya musibah kebakaran yang menghabiskan rumah yang ditempati Bu Hermin beserta keluarganya, juga masih ada harapan untuk bisa tetap menjalankan usahanya.

"Maka hari ini kami prioritaskan untuk pemberian bantuan modal usaha dan peralatan-peralatan berjualan agar bisa dimanfaatkan untuk membuka kembali usaha kulinernya. Sembari nanti kami masih melakukan perhitungan untuk pemberian bantuan  pembangunan kembali rumahnya yang bersinergi dengan Baznas," ungkapnya.

Tak hanya itu, melalui bantuan ini, Wali Kota Ning Ita berharap agar Ibu Suhermin tetap tabah dan kuat dalam menghadapi musibah yang menimpa. Dan melalui bantuan ini pula, Ibu Suhermin lekas kembali berjualan.

"Musibah kebakaran ini menyisakan duka mendalam apalagi menjelang hari raya idul. Semoga Bu Hermin diberi kekuatan lahir batin untuk bisa kuat menerima cobaan ini sembari menunggu bantuan dari yang lain," harapnya.

Terpisah, Bu Suhermin mengaku bersyukur dan berterima kasih atas perhatian serta bantuan yang diberikan oleh Wali Kota Mojokerto. Menurutnya, bantuan ini sangat dibutuhkan untuk bisa menjalankan usaha berjualannya kembali.

"Biasanya saya berjualan rujak dan gado-gado, karena musibah ini terpaksa saya harus libur dulu sembari ada perbaikan rumah dan warung," jelasnya.

Seperti diketahui, kebakaran rumah warga terjadi pada Sabtu (1/5/2021) malam di Jalan Brawijaya. Enam unit mobil pemadam kebakaran (PMK) dikerahkan untuk menjinakkan api yang melalap seisi rumah. Pada saat kejadian, Wali Kota Ning Ita sempat meninjau lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Dwy