Wali Kota Jamin Ketersediaan dan Harga Pangan Stabil Selama Ramadan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Apr 2021 16:58 WIB

Wali Kota Jamin Ketersediaan dan Harga Pangan Stabil Selama Ramadan

i

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari saat sidak pangan di pasar tanjung anyar Kota Mojokerto. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Menjelang pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1442 Hijriah, Wali Kota Mojokerto melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Tanjung. Pada pemeriksaan kali ini, ia menjamin ketersediaan bahan makanan pokok dan harga pangan stabil selama Ramadan, Senin (12/4/2021).

Dengan ditemani Plt Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Ani Wijaya, wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini, mengunjungi satu persatu lapak pedagang komoditas. Mulai dari pedagang ayam, pedagang beras dan pedagang sayur mayur.

Baca Juga: Pasar Takjil Ketidur, Upaya Pj Wali Kota Ali Kuncoro Promosikan Aneka Kuliner Kota Mojokerto

"Untuk harga kebutuhan pokok relatif stabil. Hanya saja memang ada fluktuasi kenaikan harga, walaupun tidak signifikan. Namun, kita upayakan dengan membuka operasi pasar murah. Dengan harapan, masyarakat kita mendapatkan pilihan harga yang murah dibandingkan dengan harga pasar saat ini, khususnya bahan pokok sehari-hari," jelasnya.

Baca Juga: Tinjau Banjir Kota Mojokerto, Pj Gubernur Jatim Bantu Logistik dan Pompa Air

Untuk kenaikan harga yang dimaksud oleh Ning Ita adalah pada ayam boiler yang mencapai Rp 41 ribu hingga Rp 42 ribu perekor. Sedangkan untuk bahan-bahan komoditi lainnya, tidak terdapat kenaikan. "Pada operasi pasar, kami jual ayam boiler seharga Rp 39 ribu perekor. Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan harga pasar," imbuh wali kota perempuan pertama di Mojokerto ini.

Kenaikan harga seperti ini, lanjut Ning Ita, merupakan hal yang lumrah menjelang ibadah puasa Ramadhan. Namun, yang terpenting adalah ketersediaan bahan-bahan komoditi tersebut hingga saat ini masih mencukupi. Kendati demikian, Pemerintah Kota Mojokerto telah mengantisipasi dengan membuka operasi pasar murah. "Kami membuka operasi pasar dengan harga murah namun kualitas dan kuantitasnya tidak kalah dengan bahan komoditi lainnya di pasar," tegasnya. 

Baca Juga: Banjir Rendam Empat Kelurahan, 4503 Warga Kota Mojokerto Terdampak

Ning Ita pun meminta kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir akan kenaikan harga pangan. Sebab, Pemerintah Kota Mojokerto akan menjamin stabilitas harga komoditas di pasar tetap bisa dijangkau oleh masyarakat. Selain itu, pemerintah daerah melalui Diskouperindag akan terus melakukan monitoring setiap harinya. "Untuk masyarakat Mojokerto dapat memanfaatkan mlijo online supaya mendapatkan update harga-harga komoditas terbaru di Pasar Tanjung," pungkasnya. Dwy

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU