Wali Kota Kediri Luncurkan PUSAKA Gandeng Toko Swalayan Modern

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 07 Mei 2021 17:44 WIB

Wali Kota Kediri Luncurkan PUSAKA Gandeng Toko Swalayan Modern

i

Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar bersama Sekda Kota Kediri, Bagus Alit saat meluncurkan PUSAKA

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Pemerintah Kota Kediri menjalin kerjasama dengan pusat perbelanjaan dan toko swalayan modern seperti Indomaret, Alfamart, Ace Hardware, Informa dan sejumlah swalayan lainnya. Kerjasama ini untuk memasarkan produk pelaku usaha kecil pada etalase khusus PUSAKA (Produk UMKM Asli dari Kota Kediri). 

Kesepakatan kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh toko modern dengan UMKM Kota Kediri disaksikan oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Ruang Joyoboyo, Pemkot Kediri, Jumat (7/5/2021). Wali Kota Kediri sangat mengapresiasi kolaborasi antara toko modern dengan UMKM Kota Kediri. 

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kediri Naik

“Dengan kerjasama ini, produk-produk UMKM unggulan Kota Kediri pada akhirnya bisa lebih dikenal masyarakat karena sudah terdapat di seluruh pusat perbelanjaan dan toko modern, karena akan ada etalase dengan desain khusus yang ditempatkan di lokasi strategis dan mudah dilihat konsumen,” kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar seusai peluncuran PUSAKA.

Terkait filosofi penamaan PUSAKA, Wali Kota Kediri mengungkapkan alasannya. “Kenapa namanya PUSAKA? Karena saya yakin UMKM ini menjadi pusaka (senjata) yang ampuh dalam menghadapi situasi pandemi. Sektor UMKM telah terbukti tahan dari guncangan ekonomi selama setahun terakhir saat dunia dilanda pandemi Covid-19,” jelas Abdullah Abu Bakar.

Abdullah Abu Bakar menambahkan, dengan adanya PUSAKA diharapkan masyarakat juga lebih bangga memakai dan mengkonsumsi produk asli Kota Kediri yang telah naik kelas tersebut. Pelaksanaan kemitraan PUSAKA dengan toko modern ini wajib berlangsung berkelanjutan dan mengalami peningkatan setiap tahun. 

"Pemerintah Kota Kediri dalam hal ini memberikan kemudahan penanaman modal dalam bentuk percepatan pelayanan yang diberikan berdasarkan pertimbangan bermitra dengan UMKM daerah, PUSAKA ini salah satu bentuk realisasinya," Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Moh. Anang Kurniawan menegaskan.

Baca Juga: Racik Mercon, Warga Kediri Diringkus Polisi

PUSAKA merupakan bentuk inovasi Pemerintah Kota Kediri dalam pengembangan investasi dan peningkatan iklim usaha yang kondusif bagi penanaman modal untuk penguatan daya saing perekonomian daerah.

“Dengan kemudahan berinvestasi di Kota Kediri, imbal baliknya pusat perbelanjaan dan toko modern wajib ikut terlibat menaikkan level produk UMKM Kota Kediri dengan menjual dan memajang pada etalase khusus tematik agar mudah dikenali pembeli,” tambah Anang Kurniawan.

Anang menyatakan pelaku UMKM yang akan bermitra dengan swalayan melalui PUSAKA harus merupakan binaan dinas teknis terkait.

Baca Juga: Relawan Suket Teki Nusantara Tasyakuran Kemenangan Prabowo - Gibran di Kediri

“PUSAKA ini terwujud karena visi dari Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar agar UMKM Kota Kediri naik kelas, ini strategi agar geliat UMKM yang sekarang sedang dalam trend pertumbuhan menjadi terjaga keberlanjutannya,” tutup Anang.

Pemerintah Kota Kediri untuk saat ini, selain menggandeng Alfamart, Indomaret, Ace Hardware, dan Informa, juga telah bekerjasama dengan Borobudur Swalayan, Golden Swalayan dan beberapa toko retail modern di Kota Kediri. Namun, ke depan seluruh swalayan atau toko modern di Kota Kediri wajib bermitra dengan UMKM Kota Kediri dan memajang PUSAKA di swalayan mereka. Can

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU