Wali Kota Mojokerto Terpapar Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 29 Des 2020 20:37 WIB

Wali Kota Mojokerto Terpapar Covid-19

i

Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari saat jumpa pers terkait terpapar covid-19. SP/Dwy Agus Susanti

SURABAYA PAGI, Mojokerto - Kabar mengejutkan datang dari Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. Ia dinyatakan terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di kediaman pribadinya, Selasa (29/12/ 2020) sore.

Pengakuan tersebut diungkapkannya langsung saat video daring usai pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pejabat pimpinan tinggi pertama, administrator, pengawas dan fungsional di pendopo rumah rakyat "Bumi Majapahit" Jalan Hayam Wuruk.

Baca Juga: Peralihan Musim, Ning Ita Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Dalam jumpa persnya Wali Kota Mojokerto menyampaikan dirinya dinyatakan positif Covid-19 usai hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab keluar pada Senin, 28 Desember 2020 kemarin.

"Saya sekarang isolasi mandiri di rumah pribadi, setelah dinyatakan positif OTG Covid-19," ungkap Ning Ita sapaan akrab warganya.

Bahkan, Wali Kota perempuan pertama ini, menyebutkan dirinya memang banyak berinteraksi dengan banyak orang. Ia pun sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes) 4M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, dan menghindari Kerumunan) dalam interaksi sehari-hari baik di lingkungan keluarga, dan Ring 1 Pemkot Mojokerto.

"Banyak berinteraksi dengan orang banyak. Sebelum saya dinyatakan positif, beberapa orang di lingkungan Ring 1 saya memang sudah ada yang terpapar terlebih dahulu. Mungkin ini jadi rentetan penularan tersebut," jelas Ning Ita.

Baca Juga: PPDB Kota Mojokerto Masih Terbagi Tiga Zonasi

Ia menambahkan, dirinya dan orang-orang yang berada di lingkungan kerjanya rutin dua minggu sekali melakukan rapid test, hingga rutin swab bersama-sama.

"Beberapa waktu lalu kami lakukan swab keseluruhan dan hasilnya saya positif. Namun, alhamdulillah saya tidak mengalami gejala apapun (OTG) dan sehat," akunya.

Kendati positif Coronavirus Disease 2019 ini, dirinya tetap melakukan pemantauan dan pelaksanaan roda pemerintahan dari kediaman pribadinya secara daring atau virtual.

Baca Juga: Pemkot Mojokerto Siapkan Anggaran 3 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Hewan Sentralistik

"Tugas pemerintah masih bisa tetap saya kerjakan dengan cara seperti ini (virtual), sama halnya dengan yang baru saya lakukan dengan pelantikan di lingkungan Pemkot Mojokerto secara besar-besaran. Dimana prokes tetap harus dilakukan semua pihak," jelasnya.

Saat dikonfirmasi sampai kapan dirinya menjalani isolasi secara mandiri tersebut, wanita dengan slogan "Spirit Of Majapahit" ini,  menyebut dua hari kedepan akan kembali melakukan swab ulang untuk bisa mengetahui kondisi dirinya terbaru.

"Semoga hasilnya bisa non reaktif dan kembali normal. Untuk warga kota, benar-benar saya himbau untuk terapkan 4 M setiap hari dan jaga kesehatan tubuh," pungkasnya. Dwi

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU