Wali Kota Ning Ita Sidak CCTV Pantau Arus Balik Lebaran

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali kota Mojokerto, Ika Puspitasari melakukan inspeksi mendadak (sidak) CCTV (Closed Circuit Television) Lalu Lintas di Command Center Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto, Senin (9/3) siang.

Didampingi Sekdakot Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya, Petinggi Pemkot ini memantau kondisi lalu lintas Kota Mojokerto selama arus balik lebaran 1443 Hijriyah.

 

"Kita ingin melihat bagaimana kondisi lalu lintas setelah libur panjang lebaran. Karena kita melihat di beberapa daerah masih terjadi keramaian arus balik, sehingga kemudian pak Menteri PAN-RB memberikan satu kesempatan WFH selama satu minggu pasca berakhirnya libur lebaran. Ini dalam rangka memberi kesempatan bagi para ASN yang dari luar daerah yang sempat balik," terangnya.

Ning Ita sapaan akrab Wali kota menyebut, kondisi arus balik pasca libur panjang terpantau aman dan lancar. Itu diketahui dari 56 CCTV milik Dishub yang tersebar di sejumlah titik ruas jalan Kota Mojokerto.

"Dari CCTV ini tadi, semuanya terpantau lancar tidak terjadi penumpukan arus balik," tukasnya.

Masih kata Ning Ita, selain memantau kondisi arus balik, sidak ini juga untuk mengecek kesiapan integrasi CCTV di Command Center Pemkot Mojokerto.

"Sebentar lagi kita memiliki Command Center yang terpusat di Kantor Walikota, harapan kami nanti akan kita fungsikan sebagai pusat pengendali dan kontrol bersama. Dan seluruh instansi vertikal juga bisa bersama-sama memanfaatkan serta menempatkan operatornya disitu," ungkapnya.

Saat ini, lanjut Ning Ita, pihaknya sedang melakukan inventarisasi seluruh CCTV yang ada di Kota Mojokerto, baik itu milik Pemkot, instansi vertikal maupun swasta. 

"Kita buatkan surat edaran untuk meminta CCTV nya bisa terintegrasi ke command centernya Pemkot. Sehingga bisa bersama-sama memantau dan mengawasi ketika ada hal-hal yang membutuhkan penanganan cepat," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Mojokerto, Endri Agus mengatakan untuk memantau arus mudik dan balik Lebaran tahun 2022, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto telah melakukan sejumlah upaya guna menjamin keamanan, keselamatan, dan kelancaran lalu lintas.

Salah satunya dengan memantau sejumlah titik ruas jalan di Kota Onde-Onde menggunakan 56 unit CCTV di sejumlah ruas jalan milik Pemkot Mojokerto.

"Adanya seluruh kamera pengawas itu agar dapat mengidentifikasi jumlah dan jenis kendaraan yang sedang beraktifitas. Nantinya sebagai bahan pertimbangan kita untuk melakukan tindakan," katanya.

Ia menjelaskan, aktivitas kamera pengawas itu memantau setiap kejadian di ruas jalan selama satu hari penuh (24 jam). Dwi