Wali Kota Optimis Pramuka Kota Mojokerto Sumbang Generasi Emas Nasional 2045

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Des 2021 15:21 WIB

Wali Kota Optimis Pramuka Kota Mojokerto Sumbang Generasi Emas Nasional 2045

i

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari saat  penutupan Perkemahan Peningkatan Kapasitas Pramuka Garuda di Lapangan SMPN 4 Kota Mojokerto, Minggu (5/12/2021) pagi. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari melakukan penyematan lencana pramuka garuda golongan penggalang dan penegak, di Lapangan SMPN 4 Kota Mojokerto, Minggu (5/12/2021) pagi.

Kegiatan ini merupakan puncak sekaligus penutupan Perkemahan Peningkatan Kapasitas Pramuka Garuda yang digelar selama dua hari, sejak tanggal 4 hingga 5 Desember 2021.

Baca Juga: Tinjau Banjir Kota Mojokerto, Pj Gubernur Jatim Bantu Logistik dan Pompa Air

Dan diikuti ratusan peserta dari calon pramuka penggalang dan penegak garuda serta peserta pendukung dari Gudep Pramuka tingkat SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA negeri maupun swasta se Kota Mojokerto.

Perkemahan dalam rangka seleksi calon Pramuka Garuda Tingkat Cabang ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Yakni dengan mewajibkan seluruh peserta melaksanakan rapid test di Puskesmas masing-masing pada hari Jumat (3/12/2021) serta menggunakan tenda personal.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari selaku Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto mengatakan ini adalah kegiatan pertama setelah dua tahun vakum akibat pandemi. Sehingga kegiatan pramuka new normal life ini layak diapresiasi meskipun tetap wajib menerapkan prokes ketat.

"Kita berharap ada output yang dicapai dalam kegiatan ini. Karena kedepan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan memiliki daya saing serta kemandirian tidak bisa didapatkan hanya dengan pendidikan formal saja," tegasnya.

Kegiatan non formal seperti ini, lanjut Ning Ita, terbukti mampu menjadi salah satu penyumbang generasi penerus bangsa yang memiliki kecakapan dan juga kemandirian sekaligus memiliki karakter bangsa yang kuat.

Karena peserta diajari berbagai macam ketrampilan, mulai dari kemandirian sekaligus mengerjakan tugas secara berkelompok sehingga mampu menumbuhkan jiwa sosial yang kuat, tolong menolong sekaligus gotong royong.

Baca Juga: Banjir Rendam Empat Kelurahan, 4503 Warga Kota Mojokerto Terdampak

"Saya optimis jika kegiatan ini dilakukan secara berkala maka di tahun 2045 nanti Kota Mojokerto akan menjadi penyumbang generasi emas sesuai tujuan nasional bangsa," serunya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto, Supriyadi Saiful Karima menjelaskan pramuka garuda merupakan anggota muda gerakan pramuka yang telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan.

"Anggota pramuka yang mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya dan memenuhi persyaratan untuk menjadi pramuka garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwarcab melalui pembina gudepnya untuk mengikuti uji kelayakan agar dapat naik ke tingkat garuda,"  jelasnya, Minggu (5/12/2021) siang.

Suami dari Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari ini menyebut dalam rangka seleksi calon pramuka garuda tingkat cabang, maka para calon peserta pramuka garuda perlu mengikuti perkemahan peningkatan kapasitas calon pramuka garuda tingkat Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto tahun 2021.

Baca Juga: Banjir di Kelurahan Meri Terparah Sejak 5 Tahun Terakhir, Bantuan Mulai Datang, Banjir Mulai Surut

"Untuk meningkatkan kecakapan para calon dan peserta lainnya kita menggunakan tiga metode kegiatan, yakni praktek lapangan, diskusi dan bermain peran," terangnya.

Tak hanya itu, untuk mengasah kepekaan sosial, para peserta juga dilibatkan dalam kegiatan bakti sosial penyerahan paket sembako kepada yatim piatu, warga sekitar yang tak mampu serta para tukang becak.

 

"Kita akan terus bergerak dan berbakti mencetak generasi muda Kota Mojokerto yang berkualitas dan berkarakter kuat untuk mewujudkan Indonesia Generasi Emas tahun 2045," tukasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU