Wali Kota Pasuruan Komitmen Bangkitkan Industri Kreatif di Era Digital

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Nov 2023 14:54 WIB

Wali Kota Pasuruan Komitmen Bangkitkan Industri Kreatif di Era Digital

i

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat mengukuhkan kepengurusan Komite Ekonomi Kreatif di Warung Lestari. SP/ RIS

SURABAYAPAGI.com, Pasuruan -  Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf meminta Komite Ekonomi Kreatif Kota Pasuruan terus mengedepankan kreativitas. Komite ini harus terus menciptakan inovasi guna membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah pertumbuhan media-media baru di era digital yang semakin pesat. 

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), usai mengukuhkan kepengurusan di Komite Ekonomi Kreatif Kota Pasuruan, di Warung Lestari, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga: Pemilu Berjalan Lancar dan Aman, Gus Ipul Apresiasi

“Yang pertama harus kreatif adalah komite ekonomi kreatifnya. Saya titipkan betul hal ini untuk terus melakukan inovasi-inovasi di dalamnya,” ucap Gus Ipul.

Perwujudan visi misi Pasuruan Kota Madinah; maju ekonominya, indah kotanya dan harmoni warganya, kata Gus Ipul, termasuk dalam cita-cita untuk menjadikan kota yang kreatif. Menurutnya, yang disebut maju ekonominya itu di antaranya ditopang oleh industri kreatif. 

“Ini yang saat ini menjadi perhatian pemerintah, agar ekonomi kreatif berkembang mengiringi kemajuan Kota Pasuruan,” ujar Gus Ipul.

Diakui, peran komite ekonomi kreatif sangat diperlukan untuk dapat menggugah ide-ide ekonomi kreatif dan inovatif. Terlebih, dengan potensi yang dimiliki oleh Kota Pasuruan.

“Saya ingin komite ekonomi kreatif dapat turut menggerakkan dan mendorong adik-adik kita khususnya kaum milenial dan generasi Z agar semakin kreatif dan inovatif," ungkapnya.

Baca Juga: Kelelahan Jaga TPS, Anggota Linmas di Pasuruan Dirawat

Ditambahkan, dalam pengembangan ekonomi kreatif, Gus Ipul meminta untuk mulai berancang-ancang menyusun peta jalan (roadmap) pengembangan ekonomi kreatif.

“Roadmap yang telah disusun diharapkan dapat menjadi panduan bagi para pelaku industri kreatif di Kota Pasuruan untuk bisa menjalankan usahanya dengan lebih baik,” ujarnya.

Gus Ipul juga meminta para Kepala Perangkat Daerah untuk bersama-sama memberikan peran dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Pasuruan.

Baca Juga: Digitalisasi Pasar Rakyat Strategis Pedagang UMKM Naik Kelas

“Saya harapkan para OPD bisa berperan di sisi mana saja dalam mendorong industri kreatif di Kota Pasuruan. Peran serta dari berbagai pihak dibutuhkan agar dapat meningkatkan potensi daerah,” kata Gus Ipul.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Pasuruan, Basuki, menyampaikan pengukuhan komite ekonomi kreatif ini bertujuan untuk mendorong pembangunan ekonomi di Kota Pasuruan dengan melakukan pengembangan pada kegiatan ekonomi kreatif sebagai sektor yang potensial dalam memberikan dampak bagi perkembangan ekonomi.

“Oleh karena itu, perlu dibentuk komite ekonomi kreatif sebagai wadah yang mampu menjembatani dan memfasilitasi sebagai pemangku ekonomi kreatif di Kota Pasuruan,” ujar Basuki. ris

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU