Wali Kota Tergetkan Vaksinasi Tahap Tiga Rampung Akhir Juni

Wali Kota saat sidak progres vaksinasi Covid-19 di Dinas kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB), Selasa 8/6/2021. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Pemerintah Kota Mojokerto targetkan vaksinasi tahap tiga rampung pada akhir Juni 2021. Sebanyak 11 ribu dosis vaksin siap di distribusikan untuk sasaran masyarakat kategori kelompok rentan yang sudah ditentukan berdasarkan Peraturan dari Menteri Kesehatan.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari menjelaskan total ada 19.000 dosis atau sasaran yang didapat Dinkes pada tahap ketiga ini. Dari jumlah tersebut, yang sudah terpakai sebanyak 8000 dosis vaksin.

"Sehingga tersisa 11.000 dosis yang harus segera disalurkan secepatnya," tukasnya ditemui usai sidak progres vaksinasi Covid-19 di Dinas kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB), Selasa 8/6/2021.

Ning Ita menyebut, ada lima golongan yang akan di sasar petugas kesehatan. Yakni, pertama sekitar 3.000 sasaran dari warga kota yang tercatat mendapatkan bantuan sosial dari Dinas Sosial.

Dilanjutkan 3.000 ribu penyedia jasa angkutan umum yang sudah dikoordinir oleh Dinas Perhubungan, lalu 600 UMKM yang dikoordinir Diskoukmperindag, kemudian para lansia di atas 50 tahun, dan remaja siap kerja di atas 18 tahun.

"Terakhir untuk penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Mojokerto, itupun kalau semua sasaran yang saya sebutkan tadi sudah terinvetarisir. Sebab napi sendiri aktivitasnya hanya di dalam Lapas," ucapnya, Selasa (8/6/2021).

Petinggi Pemkot ini juga mengimbau warga yang belum melakukan vaksinasi diharapkan segera mendaftarkan diri melalui online, ataupun bisa langsung mendatangi faskes-faskes yang sudah ditunjuk Pemkot.

"Terdapat 12 fasilitas kesehatan yang kita tunjuk untuk pelaksanaan vaksinasi tahap 3 ini, jadi jangan ragu dan takut untuk mendaftarkan diri," imbaunya.

Ning Ita juga optimis jika vaksinasi tahap tiga ini bakal terealisasi sesuai target yang ditetapkan. Pasalnya, ia melihat jumlah potensi sasaran vaksin di Kota Mojokerto sangatlah banyak.

"Total jumlah penduduk yang wajib vaksin di Kota Mojokerto sebanyak 85 ribu dan saat ini yang sudah di vaksin kurang lebih sudan mencapai 70 persen. Untuk capaian vaksinasi tahap pertama kita mencapai prosentase 120 persen, tahap dua sebesar 148 persen, jadi semuanya selalu melampaui target. Dan kita haraokan tahap tiga ini juga bisa seperti itu," harapnya.

Demi suksesnya vaksinasi di Kota Mojokerto, Ning Ita akan melibatkan Relawan yang diberi tugas untuk mengedukasi dan mengajak kepada sasaran untuk bersedia vaksinasi. “Sebab tugas relawan diantaranya menangani bencana baik bencana alam maupun non alam,” pungkasnya.

Terpisah Plt KadinkesP2KB Suhariyanto, didampingi Kabid P2P dr.Farida Mariana dan dr.Citra Mayangsari mengatakan untuk vaksinasi tahap tiga ini Pemkot Mojokerto mendapat realisasi lebih dari jumlah pengajuan. Ini sebagai apresiasi atas suksesnya vaksinasi tahap pertama dan kedua yang melampaui target.

"Kita mengajukan 12 ribu dosis, Alhamdulillah yang turun 19 ribu dosis. Itu merupakan apresiasi atas kinerja kita dalam mensukseskan vaksinasi tahap 1 dan 2 kemarin. Dan kita saat ini menduduki rangking ketiga se Jawa Tmur atas capaian vaksinasi," ujarnya. Dwy