Walikota Bagi-Bagi Kado Angpao Ratusan Anak Taat Prokes

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari saat memberikan hadiah untuk anak-anak yang taat masker di Gang Pendidikan, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajuritkulon. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari punya trik khusus untuk menstimulus warganya agar tertib protokol kesehatan (prokes).

Selain aktif turun langsung mengedukasi masyarakat, Petinggi pemkot ini juga  memberi hadiah angpao bagi warganya yang kedapatan taat bermasker.

Seperti yang terlihat di Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Kamis (22/7/2021) siang. Dengan hanya didampingi sang suami, Supriyadi Karimah, Ia mendatangi satu persatu warga yang diketahui memakai masker.

"Ini hadiah dari saya, karena sudah mau mengikuti anjuran pemerintah untuk memakai masker," ujarnya sembari memberikan amplop putih berisi uang kepada salah satu warga Pulorejo yang ditemuinya.

Ning Ita juga memberi pesan khusus untuk selalu taat prokes dengan melakukan 5 M. Karena menurutnya, benteng perlawanan paling tangguh saat ini dalam menghadapi pandemi Covid-19 hanyalah prokes.

"Pandemi belum mereda, kita harus selalu waspada untuk tetap menjaga prokes. Jangan lelah pake masker karena itu yang paling efektif untuk melindungi kita," pesannya.

Selain mengedukasi dan memberi reward kepada orang dewasa dan manula, Ning Ita juga tampak memberi apresiasi khusus terhadap anak-anak yang kedapatan taat bermasker. Ia tak pelit memberi angpao kepada setiap anak yang dijumpainya.

Sementara itu, di konfirmasi wartawan terkait apa yang sudah dilakukannya, Ning Ita mengaku sengaja turun langsung untuk melihat kondisi riil kepatuhan warganya dalam menerapkan disiplin prokes.

Ia juga sengaja menyisihkan gajinya untuk memberi reward kepada siapa saja yang taat prokes saat ditemuinya. Termasuk kepada ratusan anak-anak yang sudah sadar protokol kesehatan (Prokes) sejak dini di masa pandemi Covid-19.

"Ini cara untuk menstimulus mereka yang rajin bermasker, utamanya anak-anak. Selain itu, menjadi media yang efektif untuk terus menyapa bersosialisasi pentingnya prokes sekarang," jelasnya kepada Surabaya Pagi.

Selain itu, lanjut Ning Ita, Kota Mojokerto menjadi satu-satunya daerah di Jawa Timur dengan tingkat kepatuhan warga Kota Mojokerto terhadap penggunaan masker dan jaga jarak mencapai 93 persen.

Begitu juga target capaian vaksinasi untuk warganya hingga 20 Juli 2021 menyentuh angka 86,50 persen. Sehingga menjadi daerah pertama di Jawa Timur yang capaian vaksinnya hampir 90 persen, dan mendapat apresiasi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, kemarin.

"Saya memang berupaya turun ke masyarakat setiap hari seperti ini, sambil menyapa sekaligus mengingatkan mereka untuk terus tertib bermasker ketika beraktivitas di luar rumah. Utamanya anak-anak, agar mereka tertib prokes," bebernya sembari melakukan caring bersama dan olahraga ringan.

Pasalnya, menurut Ning Ita vitamin D dari sinar matahari masih sangat bagus bagi tubuh manusia. "Karena terbukti dengan berjemur paling tidak minimal 10 menit dengan menekan titik timus, akan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh kita (manusia)," jelasnya. Dwi