Walikota Pasuruan Ajak Masyarakat Dukung Perempuan untuk Maju

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 18 Des 2022 14:47 WIB

Walikota Pasuruan Ajak Masyarakat Dukung Perempuan untuk Maju

i

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat membuka acara Hari Ibu yang diselenggarakan oleh Gabungan Organisasi Wanita di Gedung Gradika.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengajak masyarakat Kota Pasuruan mendukung perempuan untuk maju dan memberdayakan diri selama bisa bermanfaat dalam pembangunan Kota Pasuruan.

Hal ini disampaikan Gus Ipul saat membuka acara Hari Ibu yang diselenggarakan Gabungan Organisasi Wanita di Gedung Gradika, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Warga Pasuruan Tewas Terkena Ledakan Bondet

"Seperti yang disampaikan Ibu Ketua PKK tadi, dan Ketua GOW. Bahwa ada 5 isu prioritas arahan presiden Joko Widodo, yakni pertama peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan," ujar Gus Ipul.

Ia menyampaikan dalam mendukung program ini, Kota Pasuruan mengklasifikasi kebutuhan para perempuan kepala keluarga.

Ada 13000 perempuan yang jadi Kepala keluarga. Dari jumlah ini, kami kaji sehingga dapat memberikan kebijakan yang afirmatif. Sehingga dapat mendukung upaya ibu-ibu yang menjadi kepala keluarga sehingga dapat menambah income mereka. Setelah kita periksa, ada 7.000 yang perlu dibantu dengan kebutuhan berbeda-beda," katanya

Baca Juga: Polresta Pasuruan Bongkar Kasus Tindak Pidana Percobaan Pencurian Indomaret

Gus Ipul menjabarkan, dari 7000 perempuan kepala keluarga tersebut tidak semuanya membutuhkan modal, namun juga ada yang butuh dibantu dalam pemasaran seperti pemasaran di media sosial maupun di Gojek ataupun Grab Food.

“Ya dari 7000 itu setelah kita pilah-pilah ada 800 orang yang memang butuh-butuh modal. Ini menunjukkan betapa kaum perempuan sudah cukup berperan dalam perekonomian keluarga. Hal Ini menjadi skala prioritas pemerintah kedepan supaya kaum perempuan itu mendapatkan program yang nyata dari pemerintah dalam rangka penguatan ekonomi keluarga,“ urainya.

Baca Juga: PMK di Pasuruan Kembali Ganas

Kedua, peningkatan peran ibu dalam pendidikan dan pengasuhan anak. Hari ini, peran perempuan itu benar-benar nyata. Ada yang jadi Presiden, Menteri, Gubernur,Wali Kota, Dokter, Guru, Pengusaha dan lain sebagainya.

"Mari kita sama-sama awasi agar tidak anak-anak dari pekerja, dan melakukan pencegahan perkawinan usia dini. Ini yang saya harapkan kepada ibu-ibu semua, “ pungkas Gus Ipul. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU