Wanita Suriname keturunan Jawa, Mulai Bikin Kontes

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 10 Jul 2022 20:40 WIB

Wanita Suriname keturunan Jawa, Mulai Bikin Kontes

i

Poster Putri Jawa Suriname 2022 yang terpasang secara khusus. Poster ini menggunakan bahasa Belanda dan bahasa Jawa.

SURABAYAPAGI.COM, Paramaribo - “Ayo putri ayu lan manis kabeh, padha melu kontes iki. Salam manis! Groetjes!," tulis ajang tersebut di Facebook, yang diungguh Minggu (10/7/2022) kemarin. Ajakan dalam bahasa jawa ngoko ini terkait “Kontes Kecantikan Wanita dari negara Suriname keturunan Suku Jawa”. Kontes ini pun jadi viral di media sosial. Bahkan ada foto yang memperlihatkan Top 15 kontestan wanita berwajah khas jawa yang terpilih mengikuti babak final tanggal 22 Juli mendatang.

 

Daftar nama dan penampilan peserta jadi sorotan di media sosial. "Dengan bangga menampilkan 15 kontestan Putri Jawa Suriname 2022'," begitu arti tulisan dalam poster yang beredar.

Terungkap jika sebagian besar wanita tersebut masih memiliki paras khas orang Jawa. Bahkan nama-nama belakang sejumlah finalis juga jadi sorotan netizen karena familiar di telinga orang jawa, misalnya saja ada nama “Ngadino, Katidjo, dan Wirokarso”.

Suriname sendiri adalah negara di Amerika Selatan di mana banyak orang-orang dari Pulau Jawa bermigrasi ke sana.

 

Suku Jawa 15%

Negara ini mempunyai jumlah populasi sebesar 586 ribu. Ini data dari World bank di tahun 2019. Kini, kepala negaranya adalah Chandrikapersad Santokhi.

Luas negara ini sedikit lebih besar dari pulau Jawa, yaitu 170 ribu kilometer persegi. Masih menurut buku tersebut, sebetulnya di negara ini tak hanya terdapat keturunan Jawa. Memang keturunan Jawa paling banyak, tetapi juga ada keturunan Sunda, Madura, Minang, dan Aceh.

Di sana, keturunan Jawa juga bukanlah mayoritas. Jumlah populasinya di sana hanya 15 persen dari total penduduk keseluruhan. Mayoritas etnis di Suriname adalah Hindustani, diikuti Maroon, dan Creole.

Keturunan Jawa di negara tersebut sangat mahir berbahasa Inggris dan Belanda. Di negara Suriname juga terdapat bahasa slank yang dikenal sebagai taki-taki (serapan dari talk-talk dalam bahasa Inggris) yang merupakan campuran bahasa Jawa, Inggris, dan Belanda.

Penghasilannya andalkan komoditas ekspor emas, batu pecah atau batu tumbuk, aprikot, kayu, beras, sisa skrap dari besi atau baja dilapis timah, ikan beku, kerikil, gavel, juga sisa dan skrap tembaga.

 

Gelar “Selametan” Juga

Dalam unggahannya, mereka bahkan menggelar 'selametan' yang kental dengan adat Jawa.

Setelah terpilih 15 kontestan terbaik, Putri Jawa Suriname akan menggelar malam final pada 30 Juli. Dalam foto-foto yang diunggah, para finalis telah melakukan berbagai persiapan untuk tampil prima di babak pemilihan.

Sepekan ini viral sebuah kontes kecantikan yang diadakan di negara Suriname yang ternyata ditunjukkan hanya untuk wanita khusus. Kontes ini dinamakan dengan Putri Jawa Suriname 2022 yaitu hanya diperuntukkan wanita Jawa.

Seperti yang dilansir dari laman Facebook resmi milik Putri Jawa Suriname 2022, kontes khusus ini baru pertama kali diadakan. Walaupun begitu, kontes ini tidak kalah menarik dibandingkan Putri Suriname pada umumnya.

Sebelumnya, memang ada beberapa Putri Suriname yang ternyata berasal dari suku Jawa yang tinggal di sana. Secara historis, beberapa orang Suriname memang berasal dari Indonesia, tepatnya orang Jawa yang bermigrasi ke sana.

Suriname merupakan salah satu negara di wilayah Amerika Selatan. Ketika Belanda masih menjajah Indonesia, pihak mereka membawa beberapa orang Jawa ke Suriname dan tinggal di sana.

 

Nama Familier di Indonesia

Banyaknya orang Jawa di Suriname yang kemudian menjadi inspirasi terkuat diadakannya kontes kecantikan ini. Menariknya, untuk mengikuti kontes ini, hanya ada syarat terkait usia, sekitar 17 sampai 25 tahun.

Sementara itu, untuk aturan warna rambut ditiadakan dan setiap peserta bebas menggunakan warna rambut asli atau tidak. Selain itu, tidak ada aturan fisik lainnya.

Setelah melakukan proses seleksi awal, kini sudah ada setidaknya 15 orang yang lanjut ke babak berikutnya. Pihak penyelenggara pun membagikan foto dari kelima belas peserta tersebut. "Dengan bangga menampilkan 15 kontestan Putri Jawa Suriname 2022," tulis dalam poster yang diunggah di Facebook tersebut.

Unggahan tersebut menjadi viral karena banyak yang terkejut dengan nama-nama dari para kontestannya. Hal ini dikarenakan nama belakang mereka terdengar familiar di Indonesia. n afp/rtrs/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU