Wapres Minta Indonesia Tak Kalah dari Mesir, Tak Punya Bahan Tapi Bisa Ekspor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 28 Des 2022 10:58 WIB

Wapres Minta Indonesia Tak Kalah dari Mesir, Tak Punya Bahan Tapi Bisa Ekspor

i

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. Foto: Setwapres.

SURABAYAPAGI.COM, Semarang - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mendorong Indonesia agar tidak kalah dari Mesir dalam mengolah bahan mentah dan meningkatkan nilai tambah.

Ma’ruf Amin mengatakan, negara Mesir mampu mengekspor kopi dengan cita rasa rempah, padahal bukan negara penghasil kopi dan rempah.

Baca Juga: Wapres Yakin PDIP Terus Cetak Pemimpin Transformatif

Menurutnya, capaian itu berhasil dilakukan Mesir karena mereka kreatif. Adapun kopi yang diekspor telah dicampur rempah-rempah sehingga menghasilkan produk yang berkarakter.

“Saya juga kemarin di Mesir diceritain, Mesir itu mengekspor kopi yang sudah diolah dengan rempah-rempah,” kata Ma’ruf Amin saat Peresmian Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/12/2022).

Ternyata, lanjut Ma’ruf Amin, kopi dan rempah-rempah yang diekspor oleh Mesir ke sejumlah negara di Amerika dan Eropa tersebut adalah berasal dari Indonesia.

"Lah kopinya dari mana? rempahnya dari mana? Sebenarnya kopinya dari Indonesia, rempahnya dari Indonesia, kemudian dia olah, kemudian diekspor kopi Mesir ke AS dan Eropa," ujarnya.

Ia pun mengibaratkan bahwa Indonesia punya barang, namun Mesir punya nama. Maka dari  itu, hal ini menjadi dorongan bagi Indonesia agar produk-produk lokal Indonesia seperti kopi Papua tidak hanya go Nasional tapi juga go Global.

Baca Juga: Beda Pendapat dengan Ma'ruf, Mahfud Tegaskan: Pulau Galang Bukan Tempat Pengungsi Rohingya

“Jadi Indonesia punya barang, Mesir punya nama. Nah ini oleh karena itu saya juga kemarin berharap ketika di Papua, kopi Papua itu juga bukan hanya go Nasional tapi juga go Global,” harapnya.

Oleh sebab itu, Ma'ruf berpesan agar Indonesia harus bisa mengelola hasil buminya sedemikian rupa sehingga memiliki nilai tambah.

"Potensi kita di semua dan juga kita kemas sendiri, karena itu pentingnya para pelaku usaha ini," tuturnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf: Debat Cawapres untuk Tes Paslon

Sebagai informasi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor kopi Indonesia ke Mesir pada periode Januari-November 2021 mencapai US$79,2 juta atau setara Rp1,23 triliun (asumsi kurs Rp15.651 per dolar).

Angka ini naik sebesar 57,79 persen dibandingkan periode yang sama 2020 sebesar US$55,02 juta.

Selain itu, volume ekspor pada 2021 mencapai 43,790 metrik ton atau naik 47,75 persen dibandingkan 2020 yang hanya sebesar 32,537 metrik ton. smg

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU