Warga Dukuhsari Jabon Berwisata Religi ke Makam Gus Dur dan Bung Karno

Warga RT 10 RW 02 Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon Sidoarjo, Minggu (27/02/2022), ke Makam Gus Dur Jombang dan Makam Bung Karno Blitar.

SURABAYA PAGI, Sidoarjo- Warga RT 10 RW 02 Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon Sidoarjo, Minggu (27/02/2022) berangkat menggunakan satu bus pariwisata ber AC, berwisata religi dengan tujuan ke Makam Gus Dur Jombang dan Makam Bung Karno Blitar.

Namun sebelum ke Makam Gus Dus mampir dulu ke makam Agung Troloyo syech Jumadil Qubro di Desa Sentolorejo Kecamatan Trowulan Mojokerto. Dari parkiran Bus menuju makam Syekh Jumadil Qubro bisa pakai ojek Rp 5 ribu atau bisa berjalan kaki karena jaraknya sekitar 200 meter.

Siapakah Syekh Jumadil Qubro, menurut Ustadz Mistari pemandu wisata religi beliau adalah termasuk Wali pada periode pertama. Acara wisata religi tersebut diikuti 37 orang yang diprakarsai oleh Ketua RT 10 RW 02 Desa Dukuhsari saudara Susilo. Rombongan Wisata religi melantunkan Sholawat dalam bus yang dipimpin Ustadz Mistari dengan tujuan agar selamat dalam Perjalanan mulai berangkat sampai pulang serta mengharapan barokah serta ketenangan dengan niat Ibadah, wisata religi berangkat pada minggu 27 Pebruari 2022 karena bertepatan dengan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw 27 Rajab 1443 H.

Kecamatan Jabon Sidoarjo, Minggu (27/02/2022), ke Makam Gus Dur Jombang dan Makam Bung Karno Blitar.

Adapun tujuan dari wisata religi adalah mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, mengingatkan pada akhirat, menyegarkan rohani, serta membuka wawasan tentang sejarah perjuangan para Tokoh bangsa seperti Bung Karno dan Gus Dur.

Wartawan Harian Surabaya Pagi yang ikut bergabung dalam rombongan wisata religi kali ini berangkat pukul 07.00 Pagi, tujuan pertama ke Makam Syekh Jumadil Qubro Mojokerto lanjut ke Jombang yaitu makam KH Abdurahman Wahid atau dikenal dengan sebutan Gus Dur, Presiden RI ke-4, Lokasi Makam KH. Abdurahman Wahid terletak di kampus ponpes Tebu Ireng Jombang, di makam tersebut khusus untuk makam keluarga KH. Hasyim Asy'ari.

Ribuan para peziarah yang datang dari berbagai penjuru daerah di seluruh Indonesia meramaikan makam Gus Dur minggu siang dengan kalimat kalimat thoyyibah yang dikumandangkan oleh berbagai rombongan peziarah. Sekedar diketahui bahwa ziarah makam Gus Dur sebenarnya hampir dua tahun ditutup karena pandemi Covid-19, wisata religi makam KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Pesantren Tebuireng Jombang, kembali dibuka untuk umum sejak bulan Nopember 2021 yang lalu.

" Gus Kikin " pengurus Pesantren Tebu Ireng Jombang yang sekaligus Cicit Hadratusyaikh KH Hasyim Asy'ari menegaskan berziarah ke makam Gus Dur sudah boleh dilakukan dengan syarat senantiasa menjaga protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pesantren Tebuireng, Selain menjaga prokes, peziarah juga dibatasi jam kunjung pukul 08.00 hingga 13.00 WIB.

"Pembatasan jam ini dilakukan agar masyarakat yang berziarah tidak berkontak fisik secara langsung dengan para santri yang telah menetap di pondok," kata cicit Hadratusyaikh KH Hasyim Asy’ari ini. Di makam Gus Dur tersebut rombongan wisata religi RT 10 Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon Sidoarjo melaksanakan pembacaan tahlil dan doa bersama di lantai atas menghadap makam Gus Dur karena ribuan peziarah saling bergantian, Tahlil dipimpin oleh Ustadz Mistari. Suasana disekitar makam Gus Dur sangat ramai dipenuhi para peziarah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Para pedagang yang berjualan kanan kiri jalan menuju makam Gus Dur mendapatkan rejeki dari para peziarah yang membeli makanan, maupun oleh oleh khas seperti pakaian, kaos bertuliskan Gus Dur, gelang gelangan, perhiasan imitasi untuk kaum hawa dan lainnya, itu semua karena barokah nya Gus Dur yang dimakamkan di Ponpes Tebu Ireng Jombang Jawa Timur.

Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke makam Proklamator Ir. Soekarno Presiden Pertama RI atau yang akrab disapa Bung Karno di Blitar. Dari makam Gus Dur Jombang menuju makam Bung Karno Blitar lewat Kediri membutuhkan waktu dua setengah Jam.

Kecamatan Jabon Sidoarjo, Minggu (27/02/2022), ke Makam Gus Dur Jombang dan Makam Bung Karno Blitar.

Sesampai di makam Bung Karno yang juga dipenuhi ribuan peziarah, rombongan juga membacakan Tahlil dan doa bersama depan makam Bung Karno, kemudian sambil berfoto foto buat kenangan dan pulang.hik