Warga Dunia Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 17 Mei 2021 14:37 WIB

Warga Dunia Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

i

Puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan di London untuk memprotes penyerangan terhadap warga Palestina dan serangan udara di Gaza selama sepekan terakhir. SP/ MIDDLE EAST EYE

SURABAYAPAGI, Surabaya - Dilansir dari WAFA, Senin (17/5), di Toronto Kanada, ribuan orang berpartisipasi dalam demonstrasi, mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan slogan-slogan untuk mendukung rakyat Palestina dan tujuan mereka yang adil. Para pengunjuk rasa mengutuk serangan lsrael yang berkelanjutan terhadap rakyat Palestina.

Protes pro-Palestina serupa terjadi di Siprus dan Chicago, mengutuk terus serangan Israel terhadap orang-orang Palestina dan situs mereka, dan kejahatan Israel yang dilakukan terhadap warga sipil tidak bersenjata di Jalur Gaza.

Baca Juga: Tolak Undangan Hamas, Elon Musk Pilih Dukung Israel: Putus Jaringan Internet di Jalur Gaza

Protes juga diadakan di Grand Duchy of Luxembourg. Para pengunjuk rasa menyerukan perlunya mengakhiri pendudukan Israel dan sistem apartheid di wilayah Palestina yang diduduki. Para pengunjuk rasa mengutuk eskalasi dan agresi Israel sedang berlangsung yang terhadap Tepi Barat, Yerusalem, dan Gaza yang diduduki, mendesak Luksemburg untuk mengakui negara Palestina.

Sementara itu di Tunisia, ribuan orang turun ke jalan sebagai protes terhadap pendudukan dan kebijakannya, menyerukan di akhirinya agresi Israel yang sedang berlangsung terhadap Gaza, dan rakyat Palestina serta tempat-tempat suci umat muslim.

Protes serupa disaksikan di seluruh Maroko dalam kecaman atas serangan lsrael yang sedang berlangsung terhadap warga Palestina di Gaza dan Yerusalem, dan di lingkungan Sheikh Jarrah.

Puluhan ribu orang juga turun ke jalan-jalan di London untuk memprotes penyerangan terhadap warga Palestina dan serangan udara di Gaza selama sepekan terakhir, tema umum dapat dilihat di antara slogan dan spanduk: “Nakba tidak pernah berakhir untuk orang Palestina”.

Orang-orang berbaris dari Hyde Park’s Speakers’ Corner, menuju ke Kedutaan Besar Israel di Kensington.

Baca Juga: KFC Indonesia Gandeng PMI Salurkan Dana Kemanusiaan untuk Palestina

Meneriakkan slogan-slogan, para pengunjuk rasa mengecam serangan tentara Israel baru-baru ini terhadap orang-orang di Tepi Barat dan Gaza

Melansir Middle East Eye, ribuan orang memegang poster bertuliskan “Hentikan pengeboman Gaza” dan “Bebaskan Palestina”, sementara polisi berpatroli di daerah itu dan helikopter terbang di atas mereka.

Sedangkan pada Minggu (16/5) massa besar menggelar protes di ibu kota Polandia Warsawa, di Milan Italia dan Toronto Kanada. Aksi tersebut sebagai solidaritas dengan Palestina dan sebagai protes terhadap agresi lsrael di Gaza dan Yerusalem.

Baca Juga: Aksi Boikot Produk Israel, Omzet Ritel Merosot Sampai 50 Persen

Di Warsawa, protes diadakan dengan partisipasi pejabat, diplomat, mengutuk agresi Israel terhadap rakyat Palestina di Tepi Barat, Yerusalem, dan Jalur Gaza. Para pengunjuk rasa mengutuk keras kebijakan pendudukan dan agresi terhadap rakyat Palestina.

Sementara itu, di kota Milan di ltalia menyaksikan protes massa yang mengutuk agresi Israel terhadap rakyat Palestina. Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera, spanduk, dan gambar Palestina yang menunjukkan kejahatan pendudukan.

Mereka juga menuntut agar Israel mempertanggungjawabkan kejahatannya dan pelanggaran terus menerus terhadap hukum internasional. (re/na)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU