Warga Kota Malang Minta Fasilitasi Biopori Atasi Banjir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 11 Nov 2020 13:08 WIB

Warga Kota Malang Minta Fasilitasi Biopori Atasi Banjir

i

Suasana curhat 'Makan Sate Bareng Pak Dewan' yang diinisiasi Anggota DPRD Kota Malang Fraksi PKS, Bayu Rekso Aji. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Malang - Salah satu Anggota DPRD Kota Malang Fraksi PKS, Bayu Rekso Aji kali ini menyasar ke kawasan Kelurahan Samaan melalui program 'Makan Sate Bareng Pak Dewan' yang diinisiasi. Metode curhat tersebut sebagai wadah aspirasi warga bareng anggota dewan ini dimanfaatkan untuk menyerap berbagai aspirasi, Rabu (11/11/2020).

Dari program tersebut, salah satu yang menjadi fokus pembahasan yakni warga meminta untuk memperbanyak biopori atau lubang serapan air di di kawasan Samaan karena munculnya genangan air di musim penghujan yang dikhawatirkan akan menjadi pemicu banjir di kawasan tersebut.

Baca Juga: Motif Ekonomi, 2 Pemuda di Malang Bobol 3 Sekolah

"Kekhawatiran ini disampaikan oleh warga Samaan bernama Bapak Cipto pada kami. Beliau menyebutkan bahwa daerah Samaan yang padat ini perlu diperbanyak biopori dan sumur resapan untuk pencegahan banjir maupun genangan air di wilayahnya," ujar Bayu.

Kondisi wilayah dengan fasilitas biopori dan sumur resapan ini menjadi dua cara untuk mengolah air hujan agar dapat meresap ke dalam tanah. Cara ini diperlukan, mengingat ruang terbuka hijau (RTH) di area perkotaan di Indonesia termasuk Kota Malang masih terbilang langka. 

Baca Juga: Stasiun Malang Dipadati Pemudik pada Masa Arus Balik

Adanya fasilitas biopori nantinya dapat menangkap resapan air hujan untuk meningkatkan sumber air bersih di dalam tanah. "Sementara penerapan sumur bor yang digunakan oleh penduduk perkotaan dapat mengurangi jumlah air tanah ini," imbuhnya.

Lebih jauh Bayu mengatakan, aspirasi dari warga Kelurahan Samaan ini segera akan disampaikan ke instansi terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP). 

Baca Juga: Pj Wali Kota Malang Himbau Warga tak Stok Bahan Pangan Berlebih

Pihaknya berharap, apa yang menjadi aspirasi dari warga bisa dimasukkan dalam program penganggaran APBD Kota Malang. Sehingga, kondisi banjir yang juga kerap melanda di wilayah ini bisa teratasi.

"Kami berharap ini bisa diajukan menjadi program kegiatan yang masuk dalam penganggaran APBD Kota Malang. Sehingga kejadian banjir atau genangan air di musim penghujan bisa dicegah," tandasnya. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU