Warga Penjangkungan 'Dambakan Jembatan Permanen'

Jembatan sebagai akses penghubung ekonomi warga. SP/AKB

SURABAYAPAGI.COM , Pasuruan - Jembatan merupakan alat penghubung yang punya fungsi strategis untuk memperlancar sektor ekonomi di wilayah tersebut serta mempercepat jarak tempuh, dari suatu tempat ke tempat yang lainnya, sehingga lebih menghemat waktu dan biaya perjalanan.

Melihat begitu pentingnya fungsi jembatan tersebut, pemerintah desa melalui dinas terkait bisa mengajukan pembangunan jembatan penghubung di Dusun Penjangkungan, Desa Penjangkungan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan  secara permanen.

Belum di bangunnya jembatan secara permanen yang menjadi akses penghubung di wilayah Dusun Penjangkungan dengan Desa Sumberglagah di wilayah Desa Bunut, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan masih menjadi kendala bagi warga Penjangkungan  tersebut.

Seorang Warga Desa Bunut, Dusun Penjangkungan RT02 / RW 06 yang tidak mau menyebutkan identitasnya mengatakan, saat ini warga di desa mereka masih mengandalkan jembatan dari bambu sebagai akses utama keluar masuk desa. 

Warga sudah lama berharap adanya pembangunan jembatan permanen sebagai penghubung, sehingga bisa mempercepat laju pembangunan dan melakukan aktifitas sehari hari.

“Ditambahkan lagi sudah sering kejadian anak sekolah yang jatuh melewati jembatan ala kadarnya tersebut,” ujarnya, Kamis ( 26/08/2021) 

“Dusun kami itu merupakan permukiman lama, karena cuma ada jembatan dari bambu pembangunan di sini tidak pesat seperti di desa seberang yang dekat dengan akses jalan,” imbuhnya. 

Warga berharap banyak program pembangunan yang bisa dilaksanakan pemerintah daerah bisa masuk ke desa mereka.

“Dengan adanya akses penghubung yang permanen yang bisa dilalui kendaraan roda dua. Otomatis membuat kami warga merasa aman dan nyaman melakukan kegiatan sehari hari,” ungkapnya kepada tim investigasi awak media Surabaya pagi.

Sementara itu, Kepala Desa Bunut H.Ghofur mengatakan "Tahun ini jembatan yang yang menjadi penghubung Dusun Penjangkungan denganDesa Sumberglagah di wilayah Desa Bunut, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan akan di bangun secara permanen dan sudah menjadi program kerja saya dalam membangun Desa Bunut menuju Pasuruan Maslahat," ujarnya kepada awak media Surabaya Pagi.(Akb)