Wawali Surabaya Sebut Buruh Penggerak Roda Perekonomian

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Mei 2023 10:46 WIB

Wawali Surabaya Sebut Buruh Penggerak Roda Perekonomian

i

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berhasil menekan angka pengangguran terbuka di Kota Pahlawan. Tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kota Surabaya tahun 2022 berada di angka 7,62 persen. TPT ini turun dari tahun 2021 yang berada di level 9,68 persen.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengungkapkan bahwa banyak program yang dijalankan Pemkot Surabaya untuk menekan angka pengangguran.

Baca Juga: Dewan Minta Pemkot Surabaya Serius Tangani Pengelolaan Sampah TPA Benowo 

"Kita jaga bersama kota ini. Para buruh yang hari ini berdemo adalah mitra kami dalam membangun kota. Kebijakan-kebijakan Pemkot akan selalu berpihak kepada kepentingan rakyat," kata Armuji, Senin (1/5/2023).

Cak Ji, sapaan akrab Armuji, menerangkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Surabaya lebih tinggi dibandingkan capaian Provinsi Jawa Timur dan Nasional. Adapun pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya di tahun 2022 tercatat sebesar 7,17 persen.

“Pertumbuhan ekonomi yang baik karena para pekerja giat dan berdedikasi, tugas kita adalah memastikan akses ekonomi bisa merata dengan memperkecil ketimpangan,” ujarnya.

Ia menilai bahwa pekerja atau buruh merupakan penggerak roda perekonomian di berbagai bidang. Kerja keras buruh membuat perekonomian Kota Pahlawan dapat terus bertumbuh.

“Perekonomian Kota Surabaya terus membaik, pembangunan terus bergerak maju. Ini semua berkat kerja keras para pekerja di semua bidang,” tuturnya.

Baca Juga: Dampingi Siswa Inklusi, Guru di Surabaya Diberi Pembekalan

Mantan Ketua DPRD Surabaya dua periode ini pun menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas dedikasi semua pekerja yang tiada henti. Kota Surabaya patut berterima kasih atas dedikasi semua pekerja yang tiada henti.

“Sekali lagi, matur nuwun dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi semua pekerja yang tiada henti,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan, Pemkot Surabaya selalu terbuka dengan masukan-masukan dari para pekerja. Maka dari itu, ia berpesan agar para pekerja juga turut menjaga kebersihan dan keamanan kota Pahlawan dalam penyampaian aspirasi.

Baca Juga: Oknum Polisi di Surabaya Cabuli Anak Tirinya Sejak SD Selama 4 Tahun, Korban Trauma Berat

“Mari kita jaga bersama Kota Surabaya, para pekerja adalah mitra kami dalam membangun kota. Kebijakan-kebijakan yang ditelurkan oleh Pemkot Surabaya pasti berpihak pada kepentingan rakyat,” ungkapnya.

Mengutip data Badan Pusat Statistik, Gini Ratio Kota Surabaya tercatat sebesar 0,388. Cak Ji berkomitmen akan menekan angka itu melalui akses kebijakan yang memberikan dampak langsung pada kelas pekerja beserta keluarganya.

Mulai dari jaminan kesehatan semesta, pendidikan gratis bagi warga tidak mampu, hingga transportasi publik yang ramah bagi buruh. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU