Wayang Kulit Jadi Andalan Golkar Jatim Dekati Pemilih

Ketua DPD Partai Golkar Jatim M Sarmuji (batik) saat pagelaran Wayang Kulit di Malang, Sabtu (6/8/2022). SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Partai Golkar Jawa Timur mulai rutin menggelar pagelaran wayang kulit secara maraton di sejumlah untuk dekati pemilih tradisional. Sebagai basis kelompok Nasionalis Jawa Timur kental dengan budaya Jawa yang perlu dilestarikan.

Setelah dua minggu lalu menggelar acara Wayang Kulit di Ngawi dan Bojonegoro, Golkar Jatim kembali menggelar di Kabupaten Malang. Tepatnya di kecamatan Ngajum desa Maguan kabupaten Malang, Sabtu  (6/8/2022) hingga Minggu Dini hari.

Ketua Golkar Jawa Timur Sarmuji mengatakan pagelaran wayang kulit merupakan komitmen menjunjung kearifan lokal dimana wayang kulit merupakan produk asli Jawa Timur. Terlebih Antusias masyarakat di daerah ketika pagelaran wayang kulit digelar, tampak berbondong-bondong untuk menonton dan menikmatinya. “Ini bukti masyarakat di daerah butuh hiburan yang menjunjung tinggi budaya lokal. Inilah yang ditangkap partai Golkar  salah satunya  hadir ditengah masyarakat untuk mengangkat budaya lokal," ujar anggota Sarmuji, Minggu (7/8/2022).

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini mengatakan ada yang untung jika pagelaran wayang kulit dilakukan disejumlah daerah di Jawa Timur. Yakni, menghidupkan UMKM lokal daerah yang saat kegiatan tersebut.

"Coba lihat setiap ada pagelaran wayang kulit di sekitarnya selalu banyak dijumpai para pelaku UMKM yang membuka stand. Ini salah satu upaya partai Golkar menghidupkan perekonomian masyarakat apalagi pasca pandemi covid-19," terangnya.

Manfaat lain kegiatan wayang kulit digelar, kata Sarmuji, bisa digunakan partai Golkar untuk mensosialisasikan program-program partai Golkar terlebih dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

"Kami ingin gunakan juga wayang kulit sebagai sarana menguatkan dukungan masyarakat ke partai Golkar,” jelasnya.

Partai Golkar titip ke dalangnya sejumlah program partai agar tersampaikan ke masyarakat dengan harapan nantinya masyarakat menjatuhkan pilihannya ke partai Golkar. “Secara khusus, kami juga selipkan sosialisasi bahwa ketum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden dari partai Golkar," pungkasnya.  rko