WBL Masih Menjadi Wisata Paling Favorit Dikunjungi Wisatawan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Nov 2023 18:09 WIB

WBL Masih Menjadi Wisata Paling Favorit Dikunjungi Wisatawan

i

Para wisatawan saat menikmati wahana permainan di WBL. SP/IST

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Wisata Bahari Lamongan (WBL) yang terletak di Paciran Kabupaten Lamongan, menjadi tempat wisata yang paling favorit dikunjungi oleh para wisatawan baik dari wisatawan Nusantara maupun Mancanegara. 

Hal itu terungkap dari laporan Dinas Pariwisata saat berlangsungnya acara ulang tahun 19 WBL yang berada di tepi laut pantai utara ini pada Rabu (15/11/2023) malam.

Baca Juga: Usai Rekapitulasi Kecamatan, Muncul Tudingan Oknum Birokasi Lamongan Main-main

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan menyebutkan, jumlah kunjungan sementara wisatawan nusantara dan wisata mancanegara per Oktober 2023 mencapai 4,2 juta. Jumlah tersebut, sebanyak  361.705 diantaranya merupakan pengunjung dari WBL. Sedangkan pada tahun 2022 terdapat 4,7 juta pengunjung wisata di Lamongan, 452.406 diantaranya merupakan pengunjung dari WBL.

Bupati Yuhronur Efendi dalam kesempatan itu mengungkapkan kalau WBL menjadi wisata yang memadukan dunia fantasi, permainan bahari, dan edukasi Maharani zoo, wisata kebanggaan Lamongan ini diyakini mampu menjadi iconic wisata andalan Jawa Timur dengan cara terus membranding melalui event-event yang digelar di sana. Terlebih event lintas provinsi, sehingga banyak mengundang khalayak.

Baca Juga: Labib Ungguli Incumbent Roro, Amankan 1 Kursi DPR RI Dapil Lamongan-Gresik

"WBL harus kita kenalkan kepada masyarakat luas dengan mengadakan event disini. Karena disini juga menyediakan resort yang menampilkan eksotisnya pemandangan pantai utara,"  tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Tidak hanya itu, WBL juga menjadi salah satu tempat distribusi produk unggulan bagi pelaku UMKM Lamongan. Dengan adanya kegiatan UMKM di WBL maka akan memberikan dampak positif juga bagi pelaku UMKM.

Baca Juga: Peringati 3 Tahun Yuhronur-Rouf Pimpin Lamongan, Para Pejabat Serempak Baca Al-Qur'an

"Kemajuan WBL juga akan berdampak bagi para pelaku UMKM yang mendistribusikan produksi andalannya seperti di bidang makanan perikanan, pakaian tenun ikat Lamongan, dan lainnya," ungkap Pak Yes. 

Hadir ditengah-tengah antusias masyarakat, Perwakilan Analis Kebijakan Utama Sekda Provinsi Jawa Timur Bidang Spesialisasi Perindustrian dan Perdagangan Drajat Irawan menyampaikan bahwa agar menjadi iconic, WBL harus memanfaatkan digitalisasi, seperti mengajak para konten kreator dan memperbanyak marketing digital. Karena saat ini penyebaran informasi melalui digital lebih cepat dan berdampak. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU