WHO Rekomendasikan Obat Actemra untuk Pasien Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Jul 2021 12:49 WIB

WHO Rekomendasikan Obat Actemra untuk Pasien Covid-19

i

Actemra, merk obat untuk pasien Covid-19. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan obat Actemra untuk pasien Covid-19. Actemra adalah merk obat untuk pasien Covid-19 yang berisi Tocilizumab.

Actemra merupakan obat rekomendasi WHO untuk pasien Covid-19 dengan harga yang cukup mahal. Menurut Prof Zullies, ada beberapa faktor yang membuat obat ini dibanderol dengan harga tinggi.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Prof Zullies mengatakan, teknologi untuk membuat dan mengembangkan Actemra tidak sama seperti produksi obat pada umumnya. Selain itu, pembuatannya pun sangat sulit sehingga sebagian besar harus diimpor dari negara lain.

Obat rekomendasi WHO untuk pasien Covid-19 ini berupa protein biologi yang harus disimpan pada tempat dengan suhu tertentu. Oleh sebab itu, obat ini tidak perlu diberikan kepada pasien Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan. Selain itu, pasien dengan klasifikasi tersebut tidak mengalami kondisi badai sitokin.

Selain itu menurut Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt. mengatakan bahwa Actemra yang merupakan obat antibodi monoklonal dan merupakan anti interleukin 6 yang biasanya digunakan untuk mengobati penyakit autoimun yang menyerang persendian, karena Actemra mampu mengurangi radang yang dialami pasien rheumatoid arthritis.

Baca Juga: RSUD Bangil Miliki Gedung Instalasi Farmasi dan Dropzone Instalasi Gawat Darurat

Actemra mampu menekan jumlah interleukin 6 (IL-6) yang cukup tinggi pada kasus rheumatoid arthritis. Jika tidak segera diobati, interleukin 6 (IL-6) bisa memicu peradangan di seluruh tubuh.

Beberapa penelitian membuktikan, penggunaan obat Actemra bisa mengatasi badai sitokin pada pasien Covid-19 dengan menurunkan beberapa penanda inflamasi, seperti CRP, ferritin, dan interleukin 6.

Baca Juga: Cek Kesehatan Gratis, Balai RW 02 Pos Mawar 1 Dukuhsari Jabon Gelar Posyandu Lansia

Akan tetapi, badai sitokin juga bisa menyebabkan hiperinflamasi di seluruh tubuh dan menyebabkan kerusakan organ tubuh. Beberapa penelitian membuktikan, penggunaan obat Actemra bisa mengatasi badai sitokin pada pasien Covid-19 dengan menurunkan beberapa penanda inflamasi, seperti CRP, ferritin, dan interleukin 6.

Walaupun begitu, obat rekomendasi WHO untuk pasien Covid-19 ini hanya tersedia di rumah sakit dan harus berdasarkan resep dokter untuk pasien Covid-19 dengan gejala berat dan kritis. Dsy10

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU