Wisata di Banyuwangi Kembali Dibuka dengan Protokol Kesehatan

Geopark Kawah Ijen, Banyuwangi. SP/ KMP

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Di masa pandemi COVID-19 ini banyak sekali sektor pariwisata yang ditutup sementara dan sektor pariwisata ini yang paling terdampak pandemi COVID-19 mulai bergeliat kembali.

Salah satunya adalah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang menyatakan diri siap menerima kembali kunjungan wisatawan yang ingin menikmati berbagai kekayaan alam dan budaya di wilayah itu.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan bahwa pihaknya berupaya semaksimal mungkin menerapkan protokol kesehatan di sektor pariwisata. Seperti memberikan sertifikasi terhadap pelaku wisata yang telah memenuhi dan mengikuti standar protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability), serta menerapkan sanksi tegas bagi pelaku wisata yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Tidak hanya itu, menurut Anas hampir seluruh destinasi wisata di Banyuwangi kini telah menerapkan protokol kesehatan. Misalnya saja Kawah Ijen yang telah kembali dibuka dan siap menerima wisatawan.

"Kawah ijen sudah kami buka setelah ada sekitar 90 pelaku pariwisata tersertifikasi, karena referensi wisatawan ke depannya tidak hanya karena tempat yang bagus tapi juga ada pemahaman tentang kesehatannya. Jadi kami berupaya membekali dan melatih supaya mereka bisa menjelaskan soal protokol kesehatan kepada wisatawan,” ujar Anas.

Pihaknya juga tengah gencar mengembangkan potensi-potensi kuliner lokal yang ada di daerah tersebut, dengan mengadakan culinary night bertema keanekaragaman pangan lokal dengan mengajak para pedagang kaki lima.

“Pariwisata harus memberikan ruang bagi rakyat untuk berpartisipasi mendapat kesejahteraan,” pungkas Anas. Dsy15