Wisata Kolam Renang Dibuka, Satgas Covid Lakukan Pengecekan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 01 Des 2020 11:13 WIB

Wisata Kolam Renang Dibuka, Satgas Covid Lakukan Pengecekan

i

Tim dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magetan melakukan assessment di Magetan Park mengecek persiapan dibukanya kolam renang. SP/ BJ

SURABAYAPAGI.com, Magetan - Wisata kolam renang di Kabupaten Magetan akan segera dibuka mengingat kasus Covid-19 di Kabupaten Magetan sudah menurun. Dubukanya wisata kolam renang tersebut akan tetap dipantau oleh Tim assesment dari Satgas Covid-19 Kabupaten Magetan sekaligus melakukan pengecekan di Magetan Park, Selasa (01/12/2020).

Menaggapi hal tersebut, Ketua Bidang Kajian Strategis dan Penilaian Kegiatan Satgas Penanganan Covid-19 Magetan, Venly Tomi Nicholas menjelaskan, seperti yang ada di Peraturan Bupati 32 tahun 2020 bahwa untuk kegiatan ekonomi seperti kolam renang ini sudah cukup lama ditutup. Karena pemerintah masih mencari mencari referensi terbaik terkait wisata air.

Baca Juga: Belasan Warga di Magetan Diduga Terjangkit DBD, Mayoritas Dirawat di Rumah

“Apakah air itu menjadi media yang bisa menularkan, rekomendasi dari para pakar, kalau klorinifikasinya bener ph-nya 7,4, Insya Allah tidak jadi media. Virus akan mati di situ tapi yang risiko adalah ketika mereka berkumpul,” ujarnya.

Venly menambahkan bahwa masalah utama dari kolam renang bukanlah air, tapi sulitnya menjaga jarak dan memakai masker saat berenang. Yang berkumpul untuk membatasi, satu orang punya space dengan radius 4 meter. Pemenuhan protokol kesehatan harus dipenuhi untuk menjaga semua.

“Saya memberikan petunjuk ini harus dipenuhi, besok kalau kita cek lagi tidak dipenuhi, tidak akan diberikan rekomendasi,” ujarnya.

Baca Juga: Ruko Alat Sekolah di Magetan Hangus Terbakar, Kerugian Telan 5 Juta Lebih

Sementara itu, Wulan Yuniarti customer sevice Magetan Park mengatakan, pihaknya akan buka pada 3 Desember 2020 dengan pembatasan pengunjung. Kolam renang yang buka hanya dua, dengan kapasitas 3 ribu, namun hanya bisa digunakan 200 pengunjung.

Kemudian kolam dengan kapasitas 2 ribu, tapi hanya untuk 100 pengunjung. “Nantinya tiap dua jam akan dilakukan pergantian pengunjung untuk mengatasi kerumunan,” paparnya.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Jalur Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu Ditutup

Pihaknya akan segera membereskan kekurangan atas rekomendasi tim assesment dari Satgas Covid-19 Kabupaten Magetan. Pembukaan kolam renang Magetan Park hanya diperuntukkan untuk KTP Magetan dan dari daerah zona hijau. Dsy11

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU