Wisatawan ke Kota Batu Turun 50% Pasca Banjir

Taman Rekreasi Selecta Kota Batu.

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu di Kota Batu memberikan dampak pada sektor pariwisata. Kunjungan wisatawan ke Kota Batu turun hingga 50 persen pasca banjir bandang yang terjadi pada Kamis (4/11) lalu.

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Sujud Hariadi, mengatakan pihaknya menyampaikan rasa simpati kepada warga Kota Batu terdampak banjir bandang dan menyebabkan tujuh orang meninggal dunia tersebut.

"Kami menyampaikan rasa simpati kepada saudara kami yang terdampak. Untuk pariwisata, ada penurunan cukup tajam kurang lebih 50 persen dibanding minggu sebelumnya," kata Sujud, Selasa (9/11).

Sujud menjelaskan, pada Sabtu (6/11) usai terjadi bencana banjir bandang, jumlah kunjungan wisatawan khususnya di Taman Rekreasi Selecta turun menjadi 850 orang. Sementara pada satu minggu sebelumnya kunjungan mencapai 2.000 orang.

Kemudian pada Minggu (7/11) kunjungan wisatawan tercatat sebanyak 1.500 orang, yang juga mengalami penurunan dibanding minggu sebelumnya dimana kunjungan wisatawan mencapai lebih dari 2.000 orang.

Ia menambahkan, dampak bencana banjir bandang diperkirakan tidak akan terlalu lama khususnya terhadap sektor pariwisata Kota Batu. Diharapkan, pada pekan ketiga dan keempat November 2021, jumlah kunjungan wisatawan sudah bisa kembali seperti sebelum bencana.

"Kami kira dampaknya tidak terlalu lama. Warga akan kembali berwisata lagi," katanya.

Menurutnya, sebelum terjadi bencana banjir bandang di Kota Batu sektor pariwisata sudah mulai menggeliat usai wilayah tersebut menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2.

Ia mengharapkan penanganan dampak bencana banjir bandang bisa dilakukan secara cepat, dan tidak ada bencana susulan di kemudian hari. Pihaknya juga telah memiliki prosedur tetap yang jika terjadi kondisi cuaca buruk di tempat wisata.