WNA di Surabaya Dipersilahkan Ikut Vaksinasi Covid-19

Warga Negara Asing (WNA) dipersilahkan mengajukan diri melalui konsulatnya untuk ikut vaksinasi Covid-19 di Kota Surabaya. SP/PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot )Surabaya mempersilahkan warga negara asing (WNA) mengajukan diri melalui konsulatnya untuk ikut vaksinasi Covid-19 di Kota Surabaya. Karena perlindungan dari Covid-19 juga perlu dilakukan ke semua warga termasuk WNA di Surabaya.

"Kami persilakan konsulat mengajukan WNA yang mau divaksin. Bersurat saja ke pemerintah kota agar bisa difasilitasi vaksinasi Covid-19," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji di Surabaya, Sabtu (22/5).

Armuji mengaku sudah menyampaikan permasalahan ini pada saat Konsul Jenderal Jepang di Surabaya Takayama berkunjung ke Pemkot Surabaya pada Jumat (21/5). Armuji menyampaikan pentingnya penerapan protokol kesehatan dengan disiplin dan menaati segala aturan pemerintah kota

Hal ini guna melindungi warga Surabaya, baik warga asli, pendatang maupun WNA dari paparan Covid-19. Tentunya, vaksinasi tidak hanya untuk WNA dari Jepang saja, melainkan untuk WNA lainnya.

Saat ini, lanjut dia, sudah banyak pihak yang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 secara massal, seperti yang sudah dilakukan BUMN di Grand City, Surabaya. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya juga mendorong perusahaan nasional khususnya yang memiliki kantor cabang di Surabaya bisa menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 di kota itu.

Menurut Eri, dalam waktu dekat ini Astra Internasional bekerja sama dengan Pemkot Surabaya menyelenggarakan vaksinasi massal di Surabaya.

Sementara itu, Konsul Jendral Jepang di Surabaya Takayama menyatakan komitmennya untuk memberikan keterbukaan informasi bagi warga Jepang soal perkembangan Covid-19 di Surabaya. "Kami akan selalu memberikan informasi kepada setiap warga Jepang di Surabaya terkait perkembangan Covid-19 dan menekankan mereka agar mematuhi kebijakan dan aturan di Kota Surabaya," katanya.nt/na