Wujudkan Pemerintahan Bersih dan Akuntabel, Pemkot Mojokerto Gelar Bimtek Penguatan RB-SAKIP

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Mar 2023 16:37 WIB

Wujudkan Pemerintahan Bersih dan Akuntabel, Pemkot Mojokerto Gelar Bimtek Penguatan RB-SAKIP

i

Wali kota Mojokerto membuka Bimtek Penguatan RB-SAKIP di Hotel Dafam Pacific Caesar, Surabaya

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Hotel Dafam Pacific Caesar, Surabaya, Sabtu (4/3).

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari turut hadir memberikan pengarahan pada pembukaan agenda yang digelar 4-5 Maret tersebut.

Baca Juga: Sosialisasi PPDB Online 2024, Pj Wali Kota Mojokerto Minta Jangan Ada Sekat Geografis dan Minimalisir Persoalan Klasik

"Mohon ini dimaksimalkan. Ini bentuk komitmen kita semuanya dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan maupun pelayanan publik yang terbaik di Kota Mojokerto," pesan wali kota.

Pada bimtek tersebut, Pemkot Mojokerto juga menghadirkan Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan II, Kementerian PANRB, Budi Prawira sebagai narasumber.

Para peserta Bimtek terdiri dari seluruh Asisten Pemda, Kepala OPD, Kepala Bagian dan Unit Kerja, Camat, Sekretaris dan para pejabat yang membidangi SAKIP dan RB di lingkungan Pemkot Mojokerto.

Baca Juga: Meriah, Lomba Patrol Ramadhan Diikuti Ratusan Pelajar dan Karang Taruna Se Kota Mojokerto

Peserta Bimtek terdiri dari Asisten, para Kepala OPD, Kepala Bagian dan Unit Kerja, Camat, Sekretaris dan para pejabat yang membidangi SAKIP dan RB di lingkungan Pemkot Mojokerto-zan

Wali Kota optimis, dengan komitmen seluruh jajaran Pemkot Mojokerto dan pendampingan dari pihak kompeten, diharapkan nilai SAKIP Kota Mojokerto dapat meningkat dari B menjadi A.

Baca Juga: Kawal Hak Pekerja, Pemkot Mojokerto Buka Posko Pengaduan THR

"Ini tidak hanya sekedar rapot untuk mendapatkan prestasi, tapi ini berimplikasi secara kuat kepada tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik," ungkap perempuan yang akrab disapa Ning Ita ini.

Perlu diketahui, evaluasi SAKIP dan RB diselenggarakan rutin tahunan oleh Kementerian PANRB. Evaluasi ini merupakan upaya menilai perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi, dan akuntabilitas kinerja (assess) dan memberikan saran perbaikan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja (assist) pada penyelenggaraan pemerintahan. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU