Yonif Para Rider 503 Mayangkara Bagi Ribuan Paket Sembako dan Masker

Komandan Yonif Para Rider 503/Mayangkara, Letkol Inf. Roliyantob saat memberi bantuan paket sembako dan masker ke warga Kecamatan Trawas. SP/Dwy Agus Susanti

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Puluhan anggota Yonif Para Rider 503 Mayangkara menyerbu kantor Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Kamis (15/7/2021) pagi.

Anggota kesatuan TNI AD ini menyerahkan bantuan sosial berupa seribu paket beras ukuran 10 kilogram dan seribu masker medis untuk warga di lima desa yakni Duyung, Belik, Penanggungan, Kedungudi dan Seloliman.

Komandan Yonif Para Rider 503/Mayangkara, Letkol Inf. Roliyanto mengatakan penyerahan bantuan paket sembako dan masker ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Brigif Para Rider 18 Trisula ke-55. Bantuan ini juga bagian dari tugas TNI untuk menjaga, melindungi dan mengatasi kesulitan masyarakat.

"Saat ini negara sedang mengalami bencana nasional berupa wabah virus Covid-19. Untuk itu kita hadir untuk meringankan beban masyarakat dengan memberi bantuan sosial berupa paket sembako dan masker medis kepada warga yang membutuhkan," ujarnya.

Ia menyebut sengaja memilih desa tersebut lantaran desa ini kerap dijadikan lokasi untuk latihan taktis dan tempur bagi anggota kesatuannya.

"Kita sering berinteraksi dengan warga di empat desa ini, bahkan setahun bisa empat kali kita bertemu saat ada kegiatan latihan taktis dan tempur," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Duyung, Kecamatan Trawas, Zuriyanto Bambang Siswantoro mengaku berterima kasih karena desanya terpilih menjadi sasaran penyerahan serbuan bantuan sosial dari Yonif Para Rider 503/Mayangkara.

"Warga desa kami memang sangat familiar dengan anggota kesatuan ini. Sebab setiap tiga bulan sekali selalu melakukan latihan fisik disini," tukasnya.

Ia mengaku, banyak warganya yang terdampak akibat pandemi Covid-19, apalagi ditambah dengan kebijakan PPKM darurat yang membatasi akses pergerakan warga.

"Tempat wisata dan warung-warung di tutup saat PPKM darurat, ini sangat memukul ekonomi warga. Karena mereka tidak bisa lagi berjualan hasil kebunnya kepada wisatawan," tegasnya.

Terpisah, Camat Trawas, Agus Subiyakto mengatakan pemberian bantuan paket sembako dan masker dari Yonif Para Rider 503 Mayangkara ini diberikan di waktu yang tepat yakni saat PPKM Darurat. Apalagi bansos dari pemerintah juga belum turun, sehingga ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

"Bagai oase di padang pasir, bantuan ini tentu sangat meringankan beban warga yang membutuhkan disaat pandemi yang tak kunjung akhir dan disaat PPKM darurat," tukasnya.

Sementara itu, dari pantauan Surabaya Pagi di lokasi, pemberian bansos berupa sepuluh kilogram beras dan sekotak masker medis ini diberikan secara door to door di rumah warga.

Komandan Yonif Para Rider 503/Mayangkara, Letkol Inf. Roliyanto didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Trawas secara simbolis turun langsung mendatangi sejumlah rumah warga yang menjadi sasaran.

Sebanyak 45 anggota kesatuan diterjunkan untuk memberikan ribuan paket beras sembako dan masker kepada seribu warga di lima desa di Kecamatan Trawas. Dwi