YPPI Donokerto Rayakan HUT RI ke-76 dengan Lomba Merdeka Belajar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 17 Agu 2021 13:58 WIB

YPPI Donokerto Rayakan HUT RI ke-76 dengan Lomba Merdeka Belajar

i

Proses pengibaran bendera merah putih di SMP YPPI 1 Donokerto. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia ke-76 di SMP Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Indonesia (YPPI) 1 Donokerto, Surabaya diisi dengan lomba merdeka dalam belajar.

Kepala Sekolah SMP YPPI 1 Donokerto, Dra.Titris Hariyanti menyampaikan, kegiatan lomba merdeka dalam belajar bagi siswa kali ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya adalah lomba baca puisi, poster kemerdekaan, yel-yel dan pantun merdeka belajar selama pandemi.

Baca Juga: Mahardika Indonesia, Meriahnya Resepsi HUT ke-78 RI di Kota Mojokerto

"Kita lakukan semuanya secara online, karena memang selama pandemi ini aktivitas di sekolah dibatasi," kata Titris kepada Surabaya Pagi, Selasa (17/08/2021).

Adapun tujuan diangkatnya tema merdeka dalam belajar karena selama pandemi covid-19 ini, proses belajar mengajar dilakukan secara online atau daring. Sehingga siswa kehilangan nilai-nilai lainnya seperti nilai moral dan pembentukan karakter.

Baca Juga: Polres Blitar Kota Tanam Pohon Secara Serentak dalam Rangka Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke-78

Tak hanya itu, diharapkan dengan lomba ini, pihaknya dapat menanamkan soft skill pada siswa-siswi mereka yang nantinya akan menjadi bekal bagi masa depan siswa. Hal ini juga sesuai dengan konsep school for life yang dikembangkan oleh Titris dan para guru di YPPI.

"Denganya lomba ini, siswa akhirnya diberi tanggung jawab, dilatih cara berpikir kreatif, soft skill nya dilatih, sehingga pada akhirnya karakter mereka dapat terbentuknya dengan adanya lomba ini," katanya.

Baca Juga: Dalam Rangka HUT RI di Kota Pasuruan, Gus Ipul Berikan Nasihat untuk Penerima Remisi

Selain lomba merdeka dalam belajar, pihaknya juga melakukan upacara secara virtual dan diikuti oleh seluruh siswa YPPI Donokerto. Proses pengibaran merah putih dilakukan oleh para guru YPPI dan disaksikan oleh seluruh siswa.

"Hari ini juga ada upacara tapi secara virtual, anak-anak di rumah pun mengenakan seragam lengkap. Ya kita harapkan dengan ini dapat menumbuhkan sikap nasionalisme bagi anak-anak didik kita," pungkasnya.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU