Smartphone Berkualitas Terjangkau

Yuk, Ketahui Spesifikasi Xiaomi Redmi 8

redmi8 smartphone berkualitas harga terjangkau

Xiaomi Redmi 8 merupakan salah satu smartphone low end besutan Xiaomi yang diluncurkan secara global menjelang akhir tahun 2019 lalu. Pada awal peluncurannya, smartphone android yang hanya dibanderol dengan harga satu jutaan ini mampu menarik perhatian banyak pecinta gadget. Hal ini dikarenakan meskipun memiliki harga yang sangat terjangkau, Xiaomi Redmi 8 memiliki spesifikasi unggulan dan berbagai fitur menarik yang menjadikannya sebagai salah satu smartphone android low end yang sangat direkomendasikan. Meskipun sudah diluncurkan setahun yang lalu, namun penggunaan Xiaomi Redmi 8 sebagai daily driver untuk saat ini masih sangat layak dipertimbangkan. Bagi Anda yang ingin menggunakan Xiaomi Redmi 8 sebagai daily driver, berikut spesifikasi yang ditawarkannya.

  1. Bodi dan desain

Xiaomi Redmi 8 memiliki bodi berdimensi 156,6 x 75,4 x 9,4 mm (6,16 x 2,7 x 0,37 inch) dengan berat 188 gr. Dengan dimensi yang tidak terlalu besar tersebut menjadikan Xiaomi Redmi 8 compact dan nyaman digenggam dengan satu tangan. Smartphone ini berbahan kaca untuk bagian depannya dan plastik untuk bagian belakang serta framenya dengan finishing glossy yang mampu memberikan kesan mewah. Di bagian depan, layar yang dimiliki oleh smartphone ini berukuran 6,22 inch dengan ~81,8% screen to body ratio menjadikan smartphone ini memiliki bezel yang sangat tipis atau hampir tanpa bezel. Smartphone ini mengusung layar berponi (notched) untuk meletakkan kamera depan atau kamera selfienya.

Sementara di bagian bawah layar, Anda akan menemukan logo Redmi tanpa ada tombol kapasitif karena fungsi navigasi telah sepenuhnya berada di dalam layar. Untuk perlindungan layarnya, Xiaomi Redmi 8 telah dilengkapi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass generasi ke-lima yang menjadikan layar smartphone ini menjadi tahan goresan. Untuk sisi  belakangnya, terdapat dua modul kamera yang dilengkapi dengan LED flash serta sensor pemindai sidik jari di bawahnya. Kamera, LED flash, dan sensor pemindai sidik jari diposisikan secara vertikal di bagian tengah atas smartphone dengan tambahan logo Redmi di bawahnya.

Untuk sisi kirinya, Anda bisa menemukan slot kartu SIM dan micro SD. Sedangkan di sisi kanannya, terdapat tombol mekanis power dan volume. Untuk sisi atasnya, terdapat infrared (IR blaster) dan noise cancellation, sementara di sisi bawahnya Anda akan menemukan port usb type-C, speaker, mic, dan port audio. Untuk pilihan warnanya, Xiaomi Redmi 8 menyediakan tiga warna, yaitu onix black, ruby red, dan sapphire blue dimana ketiga pilihan warna tersebut memiliki finishing glossy di sisi belakangnya.

  1. Dapur pacu

Smartphone android besutan Xiaomi yang dirilis secara global menjelang akhir tahun 2019 lalu ini dibekali dengan chipset dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 439 berfabrikasi 12 nm dengan arsitektur Cortex A-53 yang mampu menghasilkan clockspeed mencapai 1,95 GHz. Sementara itu, untuk kartu grafisnya, smartphone ini dibekali dengan Adreno 505. Dipadukan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie) dan MIUI 11 serta tersedia dalam dua varian RAM, yaitu 3 GB dan 4 GB menjadikan smartphone ini sangat bisa diAndalkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan harian.

  1. Layar

Xiaomi Redmi 8 dibekali dengan layar berukuran 6,22 inch 6,6 cm2 (~81,8% screen to body ratio) dengan panel IPS 400 nits beresolusi 720 x 1520 piksel (HD+) dengan rasio 1:9 (~270  ppi density) serta telah dilapisi dengan kaca pelindung dari Corning Gorilla Glass generasi ke-lima untuk melindungi layarnya dari goresan. Adapun layar yang terdapat pada Xiaomi Redmi 8 adalah jenis layar berponi (notched) di bagian atasnya sebagai tempat untuk meletakkan kamera depannya. Adapun jenis layar berponi saat ini sedang populer di kalangan pecinta gadget karena mampu memberikan kesan layar yang hampir tanpa bezel.

  1. Kamera

Xiaomi Redmi 8 dibekali dua kamera utama berkonfigurasi 12 MP dengan bukaan f/1.8 1/2.55” dual pixel PDAF dan 2 MP kamera depth yang bisa menghasilkan jepretan foto dengan efek bokeh serta dilengkapi dengan LED flash. Adapun kualitas foto yang dihasilkan untuk smartphone seharga satu jutaan ini tergolong baik terutama jika digunakan untuk memotret objek dengan cahaya yang cukup berkat algoritma AI yang dimilikinya. Sementara untuk sektor video, smartphone ini mampu menghasilkan perekaman video hingga resolusi 1080p pada 30fps. Untuk pemotretan, smartphone ini memiliki beberapa fitur, beberapa diantaranya adalah fitur HDR dan panorama.

Sedangkan untuk kamera depan atau kamera selfienya, Xiaomi Redmi 8 dibekali dengan kamera beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0 1/4“ serta dilengkapi dengan fitur HDR. Kamera depan smartphone ini mampu menghasilkan gambar yang cukup baik di kondisi pencahayaan yang cukup serta dapat menghasilkan perekaman video hingga resolusi 1080p pada 30fps. Secara keseluruhan, untuk smartphone yang dibanderol dengan harga satu jutaan, Xiaomi Redmi 8 memiliki kamera yang cukup mumpuni di kelasnya.

  1. Konektivitas

Sebagai smartphone low end yang dibanderol dengan harga satu jutaan, Xiaomi Redmi 8 memiliki konektivitas yang cukup lengkap, mulai dari tersedianya jaringan 4G LTE; wifi 802.11 b/g/n dengan fitur wifi direct dan wifi hotspot; bluetooth A2DP LE; GPS dengan fitur A-GPS, GLONASS, GALILEO, dan BDS; USB type-C dengan fitur USB On The Go (OTG); serta dilengkapi dengan infrared (IR blaster) sehingga Xiaomi Redmi 8 dapat difungsikan sebagai remote control yang bisa digunakan untuk menghidupkan beberapa jenis peralatan elektronik tertentu seperti TV, AC, DVD player, dan sebagainya. Fitur infrared saat ini masih menjadi salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh smartphone-smartphone besutan Xiaomi. Selain itu, Xiaomi Redmi 8 juga memiliki fitur radio yang tidak memerlukan earphone untuk mengaksesnya. Meskipun sudah jarang digunakan, namun fitur ini tetaplah menjadi fitur yang menarik.

  1. Sensor

Xiaomi Redmi 8 memiliki sensor yang cukup lengkap untuk harganya yang hanya dibanderol sebesar satu jutaan. Adapun beberapa sensor yang disematkan pada smartphone ini, yaitu: sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian belakang, sensor proximity, sensor accelerometer, dan sensor compass. Dengan semakin lengkapnya sensor yang tersedia pada sebuah smartphone, maka fitur yang dimilikinyapun juga semakin lengkap.

  1. Memori/penyimpanan

Xiaomi Redmi 8 memiliki dua varian, yaitu varian RAM 3 GB untuk ROM 32 GB serta varian RAM 4 GB untuk ROM 64 GB. Dipadukan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 439 dan GPU Adreno 505, RAM sebesar 3 GB atau 4 GB yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 8 sudah mampu mendukung kelancaran berbagai aktivitas ringan. Selain itu, Xiaomi Redmi 8 juga memiliki slot microSDXC hybrid yang bisa digunakan untuk melakukan ekspansi media penyimpanan hingga 512 GB jika Anda merasa ROM yang disediakan masih kurang besar.

  1. Baterai

Xiaomi Redmi 8 memiliki satu keunggulan utama, yaitu dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas besar. Smartphone ini dibekali dengan baterai Lithium Polimer (Li-Po) non-removable berkapasitas sangat besar, yaitu 5000 mAh. Baterai tersebut akan sangat tahan lama digunakan karena Xiaomi Redmi 8 memiliki chipset yang cukup hemat daya. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur fast charging sebesar 18 W yang akan membuat proses pengisian daya baterai menjadi lebih cepat dan maksimal. Hal tersebut tentunya akan memudahkan Anda yang memiliki mobilitas tinggi karena Anda tidak perlu takut baterai smartphone Anda cepat habis atau memerlukan waktu lama untuk pengisian dayanya.

Penting untuk Diperhatikan, Inilah Cara untuk Membuat Xiaomi Redmi 8 Menjadi Lebih Awet

Jika Anda menggunakan Xiaomi Redmi 8 sebagai daily driver, maka Anda pasti akan mencari cara supaya Xiaomi Redmi 8 yang Anda miliki bisa tahan lama dalam pemakaiannya. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat Xiaomi Redmi 8 yang Anda miliki menjadi tahan lama.

  1. Gunakan aksesoris asli dari Xiaomi

Semua merek smartphone pasti dilengkapi dengan aksesoris asli yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan smartphone tersebut. Agar Xiaomi Redmi 8 Anda awet dan memiliki daya pakai yang lebih lama, maka sebaiknya Anda hanya menggunakan aksesoris buatan Xiaomi untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kerusakan komponen tertentu yang ada pada Xiaomi Redmi 8 Anda.

  1. Gunakan pelindung layar tambahan

Meskipun layar yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 8 telah dilapisi dengan kaca pelindung layar dari Corning Gorilla Glass generasi ke-lima, tidak ada salahnya jika Anda memberikan perlindungan tambahan dengan memasangkan pelindung pada layarnya.

  1. Perhatikan kondisi baterai

Sebagai salah satu komponen penting yang menyuplai daya pada smartphone, kondisi baterai harus tetap terjaga supaya tidak cepat mengalami kerusakan. Untuk menjaga kondisi baterai Xiaomi Redmi 8 Anda, sebaiknya jangan pernah menggunakannya sampai baterai terkuras habis. Jika kondisi baterai sudah mulai memasuki 10%, maka segera lakukan pengisian ulang.

  1. Gunakan case untuk melindungi bodi

Berbeda dengan layarnya yang telah dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass generasi ke-lima, sisi belakang dan frame Xiaomi Redmi 8 cukup rentan terhadap goresan karena terbuat dari material plastik. Oleh karena itu, supaya Xiaomi Redmi 8 Anda tetap bisa tampil menawan tanpa terkena goresan, maka sebaiknya Anda memakaikannya dengan case tambahan. Anda bisa menggunakan case transparan supaya kesan mewah glossy yang dimiliki oleh bodi belakang Xiaomi Redmi 8 tetap bisa terlihat.

  1. Unduh aplikasi hanya dari Google Play Store dan situs-situs terpercaya

Smartphone android memiliki tempat khusus untuk mengunduh aplikasi, yaitu Google Play Store. Jika Anda menginginkan aplikasi yang aman tanpa berpotensi membawa malware, maka sebaiknya Anda hanya mengunduh aplikasi melalui Google Play Store atau melalui situs-situ yang terpercaya. Hal ini dikarenakan ketika Anda mengunduh aplikasi dari pihak ketiga yang tidak terpercaya, maka potensi masuknya malware yang bisa merusak Xiaomi Redmi 8 Anda dapat terjadi.

  1. Berhati-hati saat berselancar internet

Dewasa ini, akses internet sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar orang. Hal tersebut dikarenakan banyak hal yang bisa dilakukan melalui internet. Meskipun internet memiliki banyak manfaat, namun Anda harus berhati-hati saat mengunjungi situs-situs tertentu. Apapun perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses internet, berbagai ancaman yang bisa merusak perangkat Anda seperti serangan virus dan malware dapat terjadi.

Jika Anda menggunakan Xiaomi Redmi 8 Anda untuk berselancar internet, maka Anda harus berhati-hati dan selalu memastikan situs yang Anda kunjungi adalah situs yang aman dari ancaman virus dan malware yang berpotensi bisa merusak smartphone Anda.