Zainal Abidin, Mantan Ketua KPU Terpilih Ketua Tanfidz PC NU Sidoarjo

Drs Zainal Abidin, M.PD

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Pelaksanaan Konfercab NU Sidoarjo Ke XXI yang digelar Minggu (28/11/2021) di Masjid KH Hasyim Ashari Jl lingkar timur akhirnya menghasilkan ketua baru.

Dalam Konfercab NU Sidoarjo yang diikuti kurang lebih 800 peserta tersebut, mantan Ketua KPU yang juga anggota tim sukses Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor saat Pilkada Tahun 2020, Drs Zainal Abidin, M.PD terpilih secara aklamasi setelah meraih suara terbanyak dalam pemilihan pra calon yang dilakukan oleh MWC dan ranting.

Rekapitulasi perolehan suara calon Ketua Tanfidziyah PCNU Sidoarjo Masa Khidmat 2021 – 2026 yakni H.Zainal Abidin, M.Pd.I meraih 302 suara, KH Maskhun 13 suara, Ahmad Choiri 68 suara dan Sugiono 14. Sesuai Tatip pemilihan, bahwa pra calon yang meraih suara lebih dari 150 berhak maju ke tahap pemilihan berikutnya setelah mendapat restu dari Rois terpilih. "Karena Pak Zainal Abidin meraih suara terbanyak dan lolos dalam tahap lanjutan serta mendapat restu dari Rois terpilih yakni KH Abdus Salam Mujib, maka secara aklamasi kita tetapkan sebagai Ketua PC NU Sidoarjo masa khidmat 2021-2026," tegas  pimpinan sidang pemilihan.

Untuk jajaran Rois Syuriah, Hasil Musyawarah AHWA yang terdiri dari KH. Syihabuddin Sholeh (Ketua), KHR. Abdussalam Mujib,KH. Abdi Manaf, KH. Syafi’ Misbah,KH. Abdul Wahid Harun, telah menunjuk dan memutuskan KHR Abdussalam Mujib sebagai Rois Syuriah PCNU Sidoarjo masa khidmat 2021-2026.

Ketua PC NU Sidoarjo Zainal Abidin mengatakan, dirinya akan melakukan sowan ke para kiai sebelum melaksanakan tugas sebagai pimpinan NU Sidoarjo untuk menerima petuah dari kiai dalam menjalankan roda organisasi NU. "Langkah pertama kami setelah terpilih yakni sowan ke para kiai untuk meminta petunjuk dan petuahnya dalam memajukan NU ke depan," katanya. 

Begitu juga, dalam melaksanakan program yang dicanangkan peserta konfercab serta arahan dari PW NU Jatim, kami juga akan melakukan kajian-kajian bersama para kiai guna mencari cara terbaik menjalankan program-program yang ada. 

Disinggung soal program jangka pendek, Zainal Abidin mengatakan sebagai Ketua PC NU Sidoarjo yang baru, dirinya akan menuntaskan pembangunan Masjid KH Hasyim Ashari yang saat ini sedang dibangun serta menuntaskan program Kartanu. "Dua program itu merupakan prioritas kami untuk jangka pendek," tegas Zainal Abidin. sg