Zulhas Kumpulkan Kader PAN Jatim, Jegal Partai Ummat?

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya -  Ada yang menarik usai Partai Ummat yang digawangi Amien Rais resmi mendeklarasikan diri hari Kamis (29/1/2021) kemarin. Tepat pada hari ini, Jumat (30/4/2021) sore, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan mendadak datang ke Jawa Timur mengumpulkan seluruh pengurus dan kader PAN.

Informasi yang berhasil dihimpun, Zulhas langsung datang ke Jatim pasca Partai Ummat di deklarasikan karena ketakutan akan menggerus suara PAN di Provinsi yang dikenal menjadi barometer politik Indonesia ini. "Kader PAN di Jatim banyak pendukung Amien Rais, wajar Kalau Zulhas gerak cepat, supaya kadernya tidak pindah ke Partai Ummat," ujar sumber di internal PAN, Jumat (30/4/2021).

Menanggapi deklarasi Partai Ummat dan dampaknya tarhadap suara PAN di Jatim, Peneliti Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai hal tersebut bisa saja terjadi. Ia menilai Partai Umat diprediksi akan menggerus suara PAN di Jatim pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Pasalnya, ketokohan Amien Rais dinilai akan menjadi daya tarik bagi simpatisan PAN untuk mengalihkan pilihannya.
"Jika melihat deklarator partai Ummat adalah pak Amin Rais yang punya ikatan sejarah panjang dengan PAN maka langsung tidak langsung akan memengaruhi suara pan di Jatim," katanya.

Dikatakan dia, Amien Rais punya sejarah kuat di PAN sehingga loyalisnya diprediksi akan berpindah haluan.

Kondisi itu akan membuat suara partai pimpinan Zulkifli Hasan itu bisa keropos.

"Bagaimanapun faktor makro dan tokoh nasional tetap menjadi magnet sejauh ini. Bagaimanapun ketokohan pak Amin Rais dilevel nasional tetap menjadi daya pikat," tambahmya.

Dekan Fakultas Fisip Universitas Negeri Trunojoyo (Unijoyo) itu berharap agar Partai Ummat menggaet tokoh lokal yang punya basis massa kuat.

"Kendati juga tidak akan dengan mudah partai ummat bisa eksis karena semua partai juga fight dan ekspansif. Amat sangat tergantung juga kedepan ketokohan lokal yang digaet partai ummat di Jatim," jelasnya.

Surokim berpendapat, jika kader PAN panik dengan deklarasi Partai Umat sangat wajar. Karena partai baru itu bisa menjadi ancaman serius di Pileg 2024 mendatang.

"Jika strateginya bs seperti partai nasdem diawal kemunculannya maka pasti akan bisa mengerus suara pan dan bs menekan suara pan," jelasnya.

Cepat atau lambat suara PAN akan terdampak dengan ketokohan Amien Rais. "Bagaimanapun tokoh sekelas pak Amin Rais tetap punya daya gerus suara PAN. Jika banyak kader PAN yang terpikat dan pindah maka bisa jadi ancaman juga," pungkasnya. (rko/cr2/rmc)