Muara Getem Jember Jadi Obyek Potensial Wisata Jetski

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 05 Agu 2020 18:28 WIB

Muara Getem Jember Jadi Obyek Potensial Wisata Jetski

i

Muara Getem di Jember.Sp/zonajatim

SURABAYAPAGI.COM, Jember – Muara Mangrove Getem merupakan salah satu destinasi wisata bahari edukatif yang terletak di Dusun Getem, Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember.  Muara ini menjadi potensial untuk wisata jetski bagi para pelancong. Itu dibuktikan sendiri oleh Satuki yang juga Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Jember. “Bagus sekali panorama disana, kami sudah survei, bahkan bisa untuk wisata jetski. Perlu dikembangkan potensi tersebut,” ujar Satuki.

Muara Getem sebenarnya adalah sebuah sungai yang mengaliri dua kecamatan, yaitu Kecamatan Puger dan Gumukmas, Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur. Bagian timur sungai ini terletak Desa Mojomulyo Kecamatan Puger dan bagian barat terletak Dusun Kalimalang yang merupakan bagian dari Kecamatan Gumukmas. Kondisi muara Sungai Getem berbentuk teluk, berbatu, berpasir, serta mengandung terumbu di bawah air.

Baca Juga: 5 Polisi di Jember Dikeroyok Oknum Pesilat

Potensi utamanya yakni Ekowisata Mangrove Getem ini terdiri dari rawa alami sekitar 2 hektar Destinasi wisata yang ditawarkan di Muara Mangrove Getem ini meliputi Tubing Mangrove, river tubing, hommomacking, dan Gembok Cinta.

Baca Juga: Napi Lapas Jember Tewas Tercebur Sumur

Muara Getem ini merupkan spot yang bagus untuk memancing. Alam Getem jugamenyuguhkan sunrise dan sunset khas pantai selatan. Kemudian saat malam tiha, wisatawan yang melakukancamp akan disuguhi milky way indah di langit Getem. Bagi wisatawan yang hobi photographytentu akan dipuaskan dengan keindahan panorama alami di sekitar Muara Getem.

Baca Juga: Nelayan Hilang saat Memancing Ditemukan Tewas

Konon, pada abad ke-19, Muara Getem telah menjadi sorotan dunia internasional atau bahkan jauh sebelum. Hal ini dibuktikan dengan adanya peta dari Melvill Van Carnbe 1853 – 1862 yang mengidentifikasikan Rivier Getem (atau Sungai Getem). Peta ini merupakan bagian dari peta tentang Residentie Besoeki dan Residentie Banyuwangi. Pantai yang menjadi muara Sungai Getem berbentuk teluk, berbatu, berpasir, serta mengandung terumbu di bawah air.cit12

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU