Dua Produk Baru BAF Menyasar Pasar Islami

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 04 Jun 2021 10:10 WIB

Dua Produk Baru BAF Menyasar Pasar Islami

i

Griya Head Dana Syariah, BAF cabang Raya Gubeng, Trias. SP/FEM

SURABAYAPAGI, Surabaya- Indonesia dikenal sebagai negara dengan salah satu umat Muslim terbesar yang ada di dunia, namun juga menjadi negara dengan tingkat kebutuhan yang tinggi pula.

Oleh karena itu, sistem pinjaman dana tunai yang dibutuhkan pun sangat sulit untuk digunakan karena terbentur dengan hukum agama. 

Baca Juga: Nunggak 2 Angsuran, Mobil Pajero di Kediri Dijabel Kolektor MAF

Dengan kebutuhan ini, PT. Busan Auto Finance atau BAF membuat 2 produk baru yang bersistem syariah, yang telah disetujui oleh  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dewan Syariah Nasional dan Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Menurut Griya Head Dana Syariah, BAF cabang Raya Gubeng, Trias, dua produk tersebut terdiri sebagai berikut :

1. Layanan pembiayaan pada sepeda motor

Produk dengan prinsip syariah pertama yang ditawarkan oleh BAF adalah pembiayaan yang ditujukan pada pemilikan sepeda motor. Hal ini dilakukannya dengan memberikan fasilitas berupa pengadaan barang dalam bentuk kendaraan yaitu sepeda motor terbaru dari merek Yamaha. Layanan pembiayaan yang satu ini dilakukan dengan menggunakan sistem akad “Murabahah” yang juga telah dijelaskan dalam fatwa Dewan Syariah Nasional dengan nomor 14 / DSN-Mui/ IV/ 2000. 

Baca Juga: Penyaluran Modal Ventura Tembus Rp 17,39 Triliun

2. Dana Syariah

Selain produk dengan prinsip syariah di bagian atas tadi, ada pula produk lainnya yang juga ditawarkan oleh BAF, yaitu Dana Syariah bentuk pembiayaan ulang atau lebih dikenal dengan sebutan (refinancing) yang dilakukan berdasarkan prinsip syariah dan ditujukan bagi para pengguna atau pemilik kendaraan.

Dengan layanan pembiayaan yang satu ini maka beragam bentuk kebutuhan pun dapat dilakukan dengan menggunakan akad “Al-bai’wa al-isti’jar” akad tersebut juga telah disahkan dalam fatwa DSN atau Dewan Syariah Nasional yang tercantum pada nomor 89 / DSN – MUI/ XII / 2013.

Baca Juga: Sepanjang 2023, OJK Blokir Operasional 2.248 Pinjol dan 40 Investasi Ilegal

"Pembiayaan syariah yang dilakukan di BAF termasuk dalam salah satu program dari produk yang baru saja dikeluarkan," kata Trias

Dia menambahkan, demi memperluas jangkauan pasar dan untuk lebih mengenalkan produk terbaru BAF, tahun 2021 telah open untuk Griya BAF cabang Rungkut dan cabang Lontar.

"Perlahan produk ini menjadi layanan unggulan yang mulai banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang beragama Islam," tandasnya.fem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU