Cedera Lutut, Roger Federer Absen di Olimpiade Tokyo 2020

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Jul 2021 13:28 WIB

Cedera Lutut, Roger Federer Absen di Olimpiade Tokyo 2020

i

Roger Federer, petenis asal Swiss. SP/ Getty Image

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Jelang Olimpiade Tokyo 2020 yang akan berlangsung pada 23 Juli sampai dengan 8 Agustus 2021 mendatang, Roger Federer yang merupakan petenis handal asal Swiss harus absen karena mengalami cedera lutut.

“Saya mengalami cedera pada lutut saya dan harus menerima (kenyataan) bahwa saya harus mundur dari Olimpiade Tokyo 2020," ujar Roger Federer, rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Rektor UNESA Dianugerahi Tokoh Peduli Olahraga dari KONI Jatim Award 2023

Pemain yang akan memasuki usia 40 tahun ini sudah menjalani dua kali operasi lutut sepanjang 2020. Imbasnya, Federer harus menjalani rehabilitasi selama lebih dari satu tahun.

Federer baru kembali beraksi pada bulan Maret, tepat 13 bulan setelah turnamen Australian Open yang diikutinya tahun lalu.

Belakangan di Wimbledon 2021, Federer juga harus pulang lebih awal setelah disingkirkan di babak perempatfinal.

"Dalam kompetisi lapangan rumput, sayangnya saya mengalami sedikit ganjalan dengan lutut saya, dan harus menerima bahwa sekarang saya harus mundur dari Olimpiade Tokyo," cuit Federer.

Baca Juga: Congrats! Rahmat Erwin Raih Medali Emas dan Catat Rekor Dunia di Asian Games 2023

"Saya sangat kecewa, sebab tiap kali mewakili Swiss adalah momen kebanggaan dan sorotan karier saya.

"Saya sudah memulai fase rehabilitasi dengan harapan bisa kembali ke kompetisi di akhir musim panas. Saya mendoakan yang terbaik untuk tim Swiss dan selalu memberi dukungan dari jarak jauh," tulisnya dalam cuitan yang sama.

Federer menyabet medali emas nomor ganda putra Olimpiade Beijing 2008 dan medali perak tunggal putra Olimpiade London empat tahun berselang.

Baca Juga: 119 Atlet Sampang Siap Berbicara di Kancah Regional Jatim

Tak hanya Federer, sejumlah petenis dengan gelar pemenang 20 kali Grand Slam juga turut mengundurkan diri dari Olimpiade Tokyo 2020.

Mereka adalah Rafael Nadal, Serena Williams, Sofia Kenin, Dominic Thiem, Simona Halep, Nick Kyrgios, Bianca Andreescu dn Denis Shapovalov.

Johanna Konta juga terpaksa mundur setelah terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu, Novak Djokovic disebut masih bimbang untuk turut berpartisipasi dalam Olmpiade lantaran keputusan penyelenggara membatasi jumlah penonton dan pembatasan jumlah orang yang diizinkan turut serta ke Tokyo bersama dia. Dsy12

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU