Penumpang Kapal Laut Naik 102 Persen Jelang Lebaran 2022

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 24 Apr 2022 09:58 WIB

Penumpang Kapal Laut Naik 102 Persen Jelang Lebaran 2022

i

Calon penumpang kapal laut di terminal GSN Tanjung perak saat melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan/ foto: Sem

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kenaikan jumlah penumpang kapal laut menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2022 terbilang sangat signifikan.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Selamatkan Lansia Penderita Kanker yang Tak Punya Identitas

Data dari PT Pelabuhan Indoenesia (Pelindo) Regional 3, hingga H-10 jelang Lebaran, jumlah penumpang kapal laut mencapai 53.745 orang atau meningkat 102% dibanding lebaran tahun lalu yang hanya mencapai 25.051 orang.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki menyampaikan, peningkatan jumlah penumpang terjadi di beberapa terminal penumpang utama dibawah pengelolaan Pelindo Regional 3.

Beberapa diantaranya adalah terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak yang mencapai 17.744 dan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas sebanyak 6252 orang. 

Baca Juga: Surabaya Optimalkan Data Kependudukan, 42.804 KK Terblokir Akibat Ketidaksesuaian Domisili

"Sejumlah terminal kita mengalami kenaikan arus penumpang yang cukup signifikan bahkan pada 10 hari menjelang lebaran ini arus penumpang naik 102% di banding lebaran tahun lalu. Jumlah ini pun di prediksi akan terus naik menjelang lebaran," kata Ardhy dalam keterangan resminya yang diterima Surabaya Pagi, Minggu (24/04/2022).

Musabab kenaikan jumlah penumpang kata Ardhy, diprediksi dipicu oleh pelonggaran aturan perjalanan jauh yang dilakukan pemerintah. Salah satunya adalah dengan tidak diwajibkannya penumpang untuk menunjukan hasil negatif tes antigen ataupun PCR bila telah melakukan vaksinasi dosis 1 dan 2.

Aturan tersebut termaktub dalam surat edaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang terbaru yakni Surat Edaran (SE) No.21, No.23, No.24, dan No.25 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara, Darat, Laut dan Kereta api Pada Masa Pandemi COVID-19.

Baca Juga: Wisata Kota Lama Surabaya dapat 20 Sepeda Listrik dari Kemkominfo

Hingga kini, pihak Pelindo Regional 3 telah melakukan sejumlah langkah antisipasi kenaikan penumpang jelang Lebaran. Selain menyediakan 20 terminal penumpang tambahan, pihaknya juga berkordinasi dengan sejumlah stakeholders seperti kepolisian dan KSOP setempat. 

Tujuannya adalah untuk menyiapkan sejumlah Pos Pengaman Idul Fitri di sejumlah terminal penumpang guna menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang. (Sem)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU