Komunitas di Jatim Diajak Terlibat Promosikan Destinasi Wisata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Okt 2022 17:53 WIB

Komunitas di Jatim Diajak Terlibat Promosikan Destinasi Wisata

i

Wisata Banyu Mili di Kecamatan Wonosalam, Jombang.

SURABAYAPAGI, Surabaya - Komunitas-komunitas yang ada di wilayah Jawa Timur diajak untuk terlibat dalam mempromosikan destinasi wisata. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggelar family gathering atau touring ke destinasi wisata yang ada di Jatim.

"Kalau komunitas-komunitas mau menyelenggarakan seperti ini (promosi destinasi wisata) saya pikir menjadi suatu pergerakan yang bagus untuk akses kepariwisataan," kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Sinarto, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Jelang Peresmian Wisata Kota Lama Surabaya, Persiapan Terus Dimatangkan

Sinarto menyebut, sebagian besar destinasi wisata di Jatim memang sangat cocok untuk liburan keluarga. Di mana wisata alam yang ada rata-rata sangat cocok digunakan keluarga untuk bersantai dan menikmati liburan.

Begitupun wisata kuliner di Jatim yang memiliki rata-rata harga yang terjangkau. "Alamnya bagus, kulinerny terjangkau, akses jalannya juga sudah bagus-bagus, dan daerah-daerah sangat responsif terhadap kegiatan seperti ini (family gathering) termasuk pengelola wisata," ujarnya.

Peluang ini, lanjut Sinarto, harus benar-benar bisa ditangkap pemerintah daerah dan pengelola wisata dengan selalu memperhatikan kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengunjung. Apalagi, setelah dihantam pandemi Covid-19, dunia wisata di Jatim disebutnya sudah mulai bergeliat kembali.

Baca Juga: Makan di Telaga Sarangan, Wisatawan Ngeluh Dipatok Rp 225 Ribu

Sinarto menjelaskan, salah satu komunitas yang rutin menyelenggarakan touring dan family gathering ke destinasi wisata di Jatim adalah Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Jatim. Di mana Perwira Jatim memiliki agenda tahunan melaksanakan kegiatan touring menyusuri destinasi wisata yang ada di Jatim.

Anggota DPD Perwira Jatim, Siska Sumartono menyatakan, tahun ini pihaknya menggelar touring ke beberapa destinasi wisata di Jombang. Kegiatan bertema Jatim Women Touring itu digelar dengan melibatkan ratusan anggota yang mengendarai lebih dari 40 kendaraan roda empat.

Baca Juga: Wali Kota Eri akan Sulap 1.100 Aset Tidur Jadi Wisata

"Objek wisata yang menjadi tujuan tahun ini ada wisata Banyu Mili dan Duran Duren yang ada di Kecamatan Wonosalam, Jombang," kata Siska yang juga menjadi ketua pelaksana Jatim Women Touring tersebut.

Siska menjelaskan, Jatim Women Touring adalah salah satu kegiatan dalam upaya mempromosikan wisata dan kearifan lokal kepada seluruh peserta, baik dari dalam maupun luar Jatim. Kegiatan ini mendorong pengenalan destinasi wisata di Jatim dan membantu menggerakkan roda perekonomian berbasis kerakyatan atau UMKM.k-1

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU