Psikiater: Refleksi Diri Kunci Menjaga Kesehatan Mental

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 17 Okt 2022 20:00 WIB

Psikiater: Refleksi Diri Kunci Menjaga Kesehatan Mental

SURABAYAPAGI, Surabaya - Dokter spesialis kedokteran jiwa (psikiater) Zulvia Oktanida Syarif mengungkapkan salah satu kunci menjaga kesehatan mental adalah dengan melakukan refleksi diri guna melatih kesadaran.

"Untuk menjaga kesehatan mental kita perlu selalu meningkatkan kesadaran. Jadi kita harus sering-sering melakukan refleksi diri, bercermin atau merenung bagaimana sih perasaan aku, apa yang sudah aku lakukan," kata Zulvia .

Baca Juga: Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan PRUWell Medical dan PRUWell Medical Syariah

Menurut Zulvia yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) itu, seseorang yang sering melakukan refleksi diri akan sangat aware atau mudah menyadari saat ada yang tidak beres dengan dirinya.

Baca Juga: Kurangi Risiko Anak, Pemdes Sawocangkring Gelar Musdes Rembug Stunting

Menurutnya saat seseorang sudah menyadari ada yang tidak beres dengan dirinya, maka dia perlu mencari tahu penyebabnya. Gunanya, agar dia bisa melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

"Ketika kita menyadari kok akhir-akhir ini jadi sering pegal-pegal, di rumah sering marah sama anak, sering jutek sama temen kantor, jangan-jangan aku stres. Saat kita merasa ada di bawah tekanan, cari tahu tekanannya apa, apakah dari tempat kerja, rumah tangga, pendidikan, atau yang lain," ujar Zulvia.

Baca Juga: Kurangi Risiko Balita, Pemdes Sumberejo Gelar Musdes Rembuk Stunting

"Kira-kira bisa enggak kita atasi dulu? Kalau urusan kerjaan, bisa enggak bagi-bagi kerjaan sama teman yang lain, kurangi beban kerja, cuti dulu. Jadi kita harus atur," sambungnya.hlt/mtl

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU