38 Kabupaten/Kota Ikuti Kejurprov Bulu Tangkis Jatim 2022

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 25 Nov 2022 10:25 WIB

38 Kabupaten/Kota Ikuti Kejurprov Bulu Tangkis Jatim 2022

i

Foto ilustrasi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) bulu tangkis se-Jawa Timur resmi dibuka pada, Kamis (24/11/2022) di Gor Sudirman Surabaya. Event yang berlangsung pada tanggal 24-27 November 2022 itu diikuti oleh 383 atlet bulu tangkis dari 38 kabupaten/ kota di Jawa Timur (Jatim).

Menurut laman PBSI, sudah ada sekitar 300 peserta yang akan ikut serta. Adapun pesertanya tersebar dari tiga kategori usia, yakni remaja (U-17), taruna (U-19), dan dewasa.

Baca Juga: Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63, 960 Peserta Ramaikan Piala Kajati Cup

“Jadi, tiap daerah dapat kuota dua atlet per nomor. Tapi, khusus Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Pasuruan dapat kuota tiga,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Jatim Erick Kurnia .

Event tahunan itu nantinya akan menampilkan permainan tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran.

Dari tiga kategori usia yang dipertandingkan di Kejurprov Jatim, hanya satu yang bisa mengikuti kejuaraan nasional. Yaitu, di usia taruna. Sesuai kuota yang telah ditentukan, Jawa Timur boleh mengirimkan wakil di lima kategori.

’’Jadi, masing-masing lima tunggal putra, tunggal putri, ganda campuran, ganda putra, dan ganda putri,’’ jelas Erick.

Baca Juga: Bupati Sampang Hapus Kemelasan Ketua PBSI Sampang

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kejurprov Adi Nugroho mengatakan bahwa atlet yang mengikuti Kejurprov itu tidak lagi mewakili klub, tetapi langsung perwakilan dari masing-masing kabupaten atau kota di Jatim.

“Mereka yakni atlet terbaik dari hasil Kejuaraan Kota (Kejurkot) atau Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) yang sudah diadakan sebelumnya di daerahnya masing-masing,” ujar Adi.

Mereka akan bermain untuk merebutkan medali dalam kejuaraan, sekaligus untuk memperebutkan tiket lanjutan ke tingkat yang lebih tinggi lagi, yakni Kejuraan Nasional (Kejurnas).

Baca Juga: Audisi Puslatprov, PBSI Jatim Gelar Serangkaian Tes Seleksi

“Semoga muncul bibit-bibit pemain bulu tangkis dari Kejurprov ini yang bisa membawa nama baik Jawa Timur. Jadi, di sini kita juga akan seleksi untuk kelas usia taruna untuk dikirimkan ke tingkat yang lebih tinggi mewakili Jawa Timur di tingkat Nasional,” tuturnya.

Selain itu, dalam ajang kejurprov ini, juga ada sekitar 18 atlet pemusatan latihan provinsi (puslatprov) PBSI Jatim yang tampil.

Kejurnas PBSI 2022 sendiri akan diselenggarakan pada 12–17 Desember di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur. Selain usia taruna, kejurnas mempertandingkan usia dewasa. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU