Home / Peristiwa : Spekulasi Reshuffle Rabu Pon

Jokowi Rapat Beras, Tanpa Mentan Limpo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 31 Jan 2023 20:17 WIB

Jokowi Rapat Beras, Tanpa Mentan Limpo

i

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas mengenai persediaan beras di istana Negara

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Ditengah spekulasi reshuffle kabinet Rabu Pon, Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas (ratas) mengenai persediaan beras. Hal yang menjadi pergunjingan, Raras ini tanpa kehadiran Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Jokowi hanya mengundang Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Urusan Logistik Budi Waseso (Buwas), dan Kepala Badan Pangan Naisonal Arief Prasetyo. Mereka keluar bersamaan setelah rapat dengan Jokowi.

Baca Juga: Hubungan Jokowi - Prabowo, akan Retak

 

Undangan Cuma Bertiga

"Ya yang diundang saya cuma bertiga urusan beras ya, ini kan soal panyaluran, soal operasi pasar," kata Buwas di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Buwas berkata ia hadir sebagai pihak yang akan melaksanakan operasi pasar. Zulhas, ucapnya, hadir sebagai pihak yang bertanggung jawab tentang stabilisasi harga.

Sementara itu, Arief dihadirkan sebagai pihak yang akan menganalisis kebijakan terkait pangan.

Buwas enggan berkomentar mengapa Syahrul tak diikutsertakan meski berperan dalam urusan hulu terkait beras. Dia mengaku tak tahu-menahu tentang itu. "Saya enggak tahu, saya enggak tahu. Enggak, enggak, enggak ada hubungannya dengan itu (reshuffle kabinet)," ucapnya.

 

Buwas Penuhi Panggilan Presiden

Budi yang datang seorang diri mengatakan kedatangannya itu untuk memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Saya dipanggil, diundang datang semalam undangannya," kata Budi kepada wartawan di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Dia menjelaskan, Jokowi ingin membahas tentang persoalan pangan. Dia meyakini, ada masalah soal beras yang ingin diketahui Presiden langsung darinya selaku Kepala Bulog.

"Masalah soal pangan. Beras ini sedang naik, tentu dengan kenaikan ini menyumbang inflasi tinggi, ini bagaiamana kita bisa mengatasi ini," jelas Budi.

 

Pengendalian Beras Jelang Ramadhan

Dia meyakini, pascarapat, akan ada arahan khusus dari kepala negara bagaimana mengendalikan harga beras. Mengingat pada Maret mendatang, akan ada momentum bulan suci sudah tiba.

"Salah satunya yang mengendalikan inflasi adalah kebutuhan pokok yaitu beras. Mungkin hari ini (arahannya) kita sudah lakukan operasi pasar ke seluruh wilayah tapi kenapa kok masih tinggi harganya? jadi nanti kita bahas dari sisi mana nih (masalahnya)," Budi menutup.

 

Mentan Syahrul Diusulkan Dicopot

Sebelumnya, isu reshuffle kabinet menguat beberapa pekan terakhir. Nama Mentan Syahrul yang mantan Gubernur Sulawesi Selatan, masuk dalam daftar menteri yang diusulkan PDIP untuk dicopot.

Baca Juga: Rabu Pon Bagi Jokowi dan Orang Muslim

Sejumlah menteri enggan berkomentar tentang isu reshuffle kabinet Rabu Pon. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, yang satu kader dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, memilih menyudahi wawancara saat ditanya reshuffle.

Juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Rekan Limpo di NasDem ini juga tak mau menanggapi isu itu. Dia memilih segera meninggalkan istana.

"Ya gimana sih? Kok tanya ke saya?" ucapnya.

 

Bertepatan Rabu Pon

Sebelumnya, Jokowi memberi sinyal akan melakukan reshuffle kabinet menjelang Pemilu Serentak 2024. Namun, ia tidak membeberkan kapan hal itu dilakukan dan siapa yang akan dirombak.

Sementara itu, sejumlah pihak berspekulasi reshuffle kabinet dilakukan Rabu ini. Hari itu bertepatan dengan Rabu Pon dalam penanggalan Jawa.

Rabu Pon adalah hari pasaran Jokowi. Dia beberapa kali melakukan kebijakan, termasuk perombakan kabinet, pada Rabu Pon.

Jokowi teranyar kembali berkomentar soal isu reshuffle. Dia meminta agar publik menunggu soal itu.

"Hmm, masa? Rabu Pon? Benar? Ya, nanti tunggu saja," jawab Jokowi sembari tersenyum di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Baca Juga: Sidang Perdana Sengketa Pemilu, Rabu Pon

 

Rabu Sore Jokowi ke Bali

Sekretaris Kabinet Pramono Anung enggan berkomentar. Pramono mengatakan Jokowi akan terbang ke Bali pada Rabu (1/2/2023) sore. Ia tak ingin membeberkan agenda Jokowi sebelum meninggalkan Jakarta.

"Rabu saya Dampingi Presiden ke Bali, sore berangkat," kata Pramono di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (30/1) lalu.

Sebelumnya, Komisi IV DPR yang gelar raker dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta. Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengkritik kinerja Kementan.

 

Tahun ke 4 Masih Masalah

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengkritik Kinerja Kementerian Pertanian mulai dari program-program kerja yang tidak memberikan dampak signifikan terhadap petani, hingga data stok pangan yang berbeda. Hal itu dibahas dalam Rapat Kerja dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, di kantor DPR, Senin (16/1/2023).

"Sudah memasuki tahun ke-4 masa kerja Menteri pertanian, memperhatikan program-program kerja Kementerian pertanian yang sudah dilaksanakan hingga saat ini, komisi IV menilai bahwa pembangunan pertanian masih menghadapi masalah klasik," kata Sudin.

Sehubungan dengan hal tersebut diperlukan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja Kementerian pertanian, terutama terkait dengan lemahnya koordinasi yang dilakukan oleh Sekjen Kementerian Pertanian. n jk/erc/cr2/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU