Menperin Resmikan Pabrik Daur Ulang Plastik PET di Jombang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 09 Feb 2023 11:48 WIB

Menperin Resmikan Pabrik Daur Ulang Plastik PET di Jombang

i

Peresmian pabrik daur ulang plastik di Jombang, Rabu (8/2/20230. Foto: PT. BIPJ.

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan pabrik daur ulang plastik khusus PET (Polyethylene Terephthalate) Food Grade yang berlokasi di Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Rabu (8/2/2023).

Dengan kapasitas produksi mencapai 22 ribu ton per tahun, PT Bumi Indus Padma Jaya (BIPJ) ini diharapkan mampu mengurangi permasalahan sampah plastik di Indonesia. Pabrik ini nantinya akan menghasilkan biji plastik food grade yang bisa digunakan kembali untuk kemasan industri makanan dan minuman.

Baca Juga: Dalam Satu Dekade Terakhir, Tren Investasi di Industri Pengelolaan Nonmigas Meningkat Drastis

Selain itu, pabrik diharapkan mampu mengaplikasikan peta jalan sampah perusahaan sebagai pabrik daur ulang plastik khusus PET yang memenuhi standar keamanan pangan dengan mengadaptasi teknologi foodgrade di Indonesia, serta menggunakan teknologi pengolahan PET paling modern dan berfokus pada higienitas.

Tak hanya mengurangi pencemaran lingkungan, beroperasinya pabrik ini juga menyerap tenaga kerja lokal sebesar 90%. Pabrik daur ulang sampah plastik PT BIPJ ini diinisiasi oleh tiga perusahaan, yakni Mayora Group, PT Bumi Lancar Abadi, dan Indus Business Venture PTE Limited.

Di samping itu, pabrik ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat baik melalui produk pelet PET yang dihasilkan, maupun melalui program-program berkelanjutan dengan melibatkan mitra kerja dan berbagai pemangku kepentingan, termasuk keterlibatan pemerintah daerah.

Ia pun menekankan bahwa keberadaan pabrik ini juga dapat meningkatkan tingkat daur ulang sampah plastik di Indonesia yang berdampak dalam mengurangi sampah plastik dan secara langsung berkonrribusi dalam peningkatan sosial ekonomi serta devisa negara.

Lebih lanjut, Agus mengatakan pendirian pabrik daur ulang berbasis PET ini sesuai dengan misi Kementerian Perindustrian dalam menciptakan transformasi industri yang berkelanjutan.

Baca Juga: Tak Hanya Mobil dan Motor, Pemerintah Juga Bakal Subsidi Bus Listrik

"Kementerian Perindustrian mengapresiasi adanya PT. BPIJ sebagai industri daur ulang. Upaya ini bisa mewujudkan Indonesia menjadi negara industri tangguh yang kuat, sehat, dan berkeadilan," kata Agus, Rabu (8/2/2023).

Ia mengaku optimistis pabrik daur ulang plastik PT. BIPJ dengan kapasitas produksi sebesar 22.000 ton per tahun ini bisa memperkuat ekosistem daur ulang dan ekonomi sirkular.

Agus juga meyakini tumbuhnya industri seperti BPIJ menjadi daya saing tinggi di tingkat global yang berbasis inovasi dan teknologi.

Baca Juga: Menperin Optimistis Target Produksi 2 Juta Motor Listrik Bisa Tercapai

Ia menilai, pembangunan fasilitas daur ulang sampah plastik ini merupakan bentuk komitmen dalam mendukung konsep ekonomi berkelanjutan yang patut diapresasi.

“Pesan saya kepada Mayora Group dan PT. BPIJ dapat menjaga lingkungan sekitar dengan baik, yang selaras dengan komitmen pemerintah dalam menciptakan industri hijau," ujarnya.

Sementara itu, di sisi lain, perusahaan juga berkomitmen akan memberdayakan usaha kecil dan para pemulung yang selama ini telah mengumpulkan sampah plastik. Serta akan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengumpulkan sampah plastik agar bisa didaur ulang. jbg

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU