Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Gelar Operasi Pasar Beras

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Feb 2023 11:11 WIB

Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Gelar Operasi Pasar Beras

i

Operasi pasar beras murah di Kabupaten Lumajang. Foto: Pemkab Lumajang.

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur, menggelar operasi pasar beras di Pasar Sukodono dan Pasar Baru Lumajang pada Senin (27/2/2023). Operasi pasar itu digelar sebagai salah satu upaya mengendalikan inflasi di Kabupaten Lumajang.

Pemkab Lumajang melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur dan Perum Bulog dalam menggelar operasi pasar tersebut.

Baca Juga: Pilkada Lumajang 2024, Elektabilitas Cak Thoriq Tak Terkejar

“Berdasarkan pemantauan, harga beras melonjak dari beberapa waktu lalu. Untuk itu, hari ini saya memantau secara langsung operasi pasar beras medium bersama TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah, red) di sejumlah pasar,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meninjau kegiatan operasi pasar di Pasar Sukodono dan Pasar Baru Lumajang, Senin (27/2/2023).

Sebanyak delapan ton beras digelontorkan dan dijual dengan harga murah di dua pasar tersebut. Masing-masing pasar mendapat jatah empat ton beras. Adapun harga beras dalam operasi pasar ini dipatok seharga Rp 45.000 per 5 kg nya. Namun, setiap orang dibatasi membeli maksimal 10 kg.

"Operasi pasar di Pasar Sukodono dan Pasar Baru ini beras medium yang dijual harganya Rp45.000 kemasan 5 kg/sak dan masyarakat yang membeli maksimal hanya bisa 2 sak dengan harapan pendistribusian beras murah ini bisa lebih merata," kata dia.

Baca Juga: Januari-Maret, 6 Orang di Lumajang Meninggal Karena DBD

Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq tersebut menuturkan bahwa pihaknya bersama jajaran akan memastikan operasi pasar di kedua pasar tersebut berjalan dengan baik, sehingga dapat mengantisipasi lonjakan harga yang akan terjadi menjelang bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri nanti.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang Muhammad Ridha mengungkapkan bahwa harga komoditas beras di Kabupaten Lumajang per 26 Februari 2023 merupakan yang tertinggi kedua di Jawa Timur, yakni rata-rata Rp 11.300 per kilogram.

Baca Juga: Pasar Murah di Lumajang akan Digelar Selama Ramadhan

Maka dari itu, operasi pasar beras murah dilakukan untuk menstabilkan harga komoditas pangan tersebut.

"Ini tujuannya untuk stabilisasi harga, karena kabupaten lumajang per tanggal 26 Februari kemarin untuk beras medium kita termasuk yang tertinggi nomor dua di Jawa Timur dengan rata-rata Rp11.300 per kilogramnya," ujar Ridha. lmj

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU