Tenan-tenan Besar Mulai Beli Stan Pasar Turi Baru

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 06 Mar 2023 20:57 WIB

Tenan-tenan Besar Mulai Beli Stan Pasar Turi Baru

i

Beberapa stan di lantai 1 dan lantai LG, terlihat diserbu para pengunjung yang mendatangi Pasar Turi Baru, Senin (6/3/2023). SP/Ariandi

Pedagang Sudah 90 Persen Membuka Stan. Pengunjung Harian di Bulan Januari 2023, Capai 2.600 per Hari

 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Resmikan 153 Pustu ILP

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Hampir satu tahun, pasar legendaris di Surabaya, yakni Pasar Turi Baru telah beroperasi dan diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Apabila sebelumnya, nyaris sepi. Kini, Pasar Turi Baru sudah semakin ramai, baik dikunjungi para pengunjung dan pedagang sudah 90 persen membuka stannya. Bahkan, beberapa tenan besar mulai membuka gerainya di Pasar Turi Baru.

Dari pantauan tim Surabaya Pagi, Senin (6/3/2023), dari lantai LG hingga lantai 4, mulai diramaikan pedagang dan pengunjung. Bila Maret 2022 lalu, hanya beberapa pedagang yang membuka stan di tiap lantai. Kini, semakin komplit.

Mulai dari kebutuhan alat rumah tangga, pakaian remaja, baju muslim/muslimah, pernak-pernik, mesin jahit, seragam dinas hingga wahana mainan anak-anak. Beberapa tenan besar pun juga ikut meramaikan pasar legendaris Surabaya itu. Seperti Indomaret, California Fried Chicken dan Maspion.

Ini dialami beberapa pengunjung yang hadir di Pasar Turi Baru, Senin (6/3/2023) kemarin. Ada yang berbelanja busana muslim di lantai 2. "Ini mau puasaan, mas, cari baju gamis dari sekarang untuk acara keluarga. Saya liat di IG (Pasar Turi Baru) banyak pilihan juga," ucap Andini, yang mengaku rajin mengikuti akun instagram Pasar Turi Baru, saat ditemui Surabaya Pagi, Senin (6/3/2023) usai berbelanja di salah satu stan Lantai 2 Pasar Turi Baru.

Menurutnya, Pasar Turi Baru sekarang lebih modern promosinya dan nyaman lokasinya. "Tiap bulan ada event-event bagus. Bulan lalu saya juga ikutin anak saya event lomba disini. Promosinya sudah modern sekarang. Gak mau ketinggalan dengan yang lain. Apalagi disini nyaman banget, adem. Keliling gak bikin keringetan," lanjut wanita berhijab ini.

Sama halnya juga Hazmi, pengunjung yang sedang mencari perabot plastik rumah tangga yang ditemui di Lantai LG, Pasar Turi Baru.  Dia sedang mencari piring plastik dan sendok garpu untuk usaha kulinernya.

Saat ditanya kenapa pilih di Pasar Turi Baru, Hazmi mengaku sudah langganan sejak lama dan kerap berbelanja secara online. "Sudah lama sih mas kita ambil disini. Biasanya ambil online. Cuma ini kebetulan tadi dekat lewat sini, mampir dan mau ambil langsung," tukas wanita yang tinggal di Perak Timur Surabaya.

 

Wahana Anak-anak

Tak hanya mencari kebutuhan rumah tangga dan sehari-hari, pengunjung Pasar Turi juga mengajak anak-anaknya untuk bermain di wahana Kids Zone di lantai 4.

Dari pantauan Surabaya Pagi, puluhan anak-anak sedang bermain didampingi orang tuanya yang sedang bermain. Biaya tiket masuk Kids Zone Pasar Turi Baru, hanya Rp 40 ribu, berlaku untuk usia 5 bulan hingga 12 tahun. Sedangkan, untuk pengantar, gratis.

"Banyak yang kesini, pak. Apalagi tiap weekend selalu ramai. Untuk hari biasa, tak seramai Sabtu-Minggu. Tapi memang lebih lapang," ucap petugas jaga Kids Zone, kepada Surabaya Pagi, Senin (6/3/2023).

Seperti sepasang suami-istri yang mengajak tiga anaknya usai bermain Kids Zone Pasar Turi Baru, mengaku senang dengan fasilitas yang diberikan. Selain memiliki harga lebih murah dibanding dengan tempat bermain di beberapa mall.

"Anak-anak saya kesini pas hari Senin, mumpung hari ini saya sedang off. Disini murah, dan fasilitas mainnya gak kalah dengan di tempat bermain yang ada di mall," ucap pria yang enggan menyebut namanya dikorankan.

 

Pengunjung Naik

Baca Juga: Libur Idul Adha 1445 H: 21 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya

Terpisah, General Manager (GM) Pasar Turi Baru (PTB) Surabaya Teddy Supriyadi mengungkapkan, tren pengunjung dan jumlah transaksi di Pasar Turi Baru mengalami peningkatan sejak pertama kali dibuka hingga menjelang satu tahun dibuka ini.

"Pada Januari 2023 lalu saja pengunjung rata-rata harian mencapai 2.500-2.600 orang per hari," ujar Teddy, Senin (6/3/2023).

Terbaru, lanjut Teddy, Maspion juga membuka cabang di Pasar Turi Baru tepatnya di Lantai LG dengan menyediakan berbagai produk kebutuhan rumah tangga hingga elektronik yang sudah terjamin kualitasnya.

Bahkan, gerai Maspion di Pasar Turi Baru secara resmi dibuka dan dihadiri founder Maspion, Alim Markus beserta jajaran menejemen. Selain Maspion, juga telah ada gerai Indomaret dan CFC yang berada di depan Lantai LG.

Sebelumnya, Maspion juga telah mengelar bazar di Hall Lantai LG Pasar Turi Baru dengan menjual produk-produk unggulan disertai berbagai diskon. Kegiatan ini cukup berhasil hingga menarik banyak pengunjung dan pembeli.

Teddy menambahkan, dengan hadirnya Maspion diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung. "Hadirnya Maspion di Pasar Turi Baru, semakin melengkapi kebutuhan berbelanja dan kulakan bagi pengunjung," ucap Teddy.

 

Gelar Event Tiap Bulan

Selain itu, berbagai kegiatan telah dilakukan manajemen Pasar Turi Baru untuk menarik pengunjung datang, mulai dari event dan kegiatan hingga mengadakan Pasar Rakyat. Bahkan tiap bulan, memiliki event-event khusus.

Baca Juga: Sheraton Surabaya Hotel & Towers Rampungkan Renovasi Grand Ballroom: Siap Jadi Destinasi Utama MICE

Untuk bulan Maret 2023, Pasar Turi Baru sudah menyiapkan dua event khusus mengambut bulan Ramadhan. Yakni Turi Ramadhan Asyik dan Turi Kuliner.

Untuk Turi Kuliner, akan digelar pada tanggal 11 s/d 19 Maret 2023. Sedangkan, Turi Ramadhan Asyik!, akan digelar sejak tanggal 18 Maret hingga 16 April 2023.

Bahkan, dalam Turi Ramadhan Asyik!, di Atrium Lantai G, akan dibuat pengajian Tapping yang akan disiarkan di TV9, serta beberapa lomba islami lainnya seperti Lomba Bintang Islami, Lomba Shalawat, Lomba Menyanyi Muslim, Lomba Baca Do'a hingga Lomba Dakwah.

 

Dagangan Laku Keras

Sementara, dengan makin banyaknya pengunjung, para pedagang di Pasar Turi Baru mengaku senang. Karena mendongkrak penjualan. Apalagi, Pasar Turi Baru juga memberikan program penjualan khusus melalui media sosial.

"Alhamdulillah pembeli meningkat apalagi jika ada event. Itu kan juga ada program live melalui media sosial. Sangat membantu penjualan," ujar Lina, salah satu pedagang di Lantai 1, Pasar Turi Baru.

Hal senada disampaikan Shyron penjual perabot plastik di Lantai LG yang makin banyak pembeli. "Memang makin kesini lebih rame dan banyak customer yang datang baik pelanggan lama atau baru. Apalagi pas ada pameran penjualan bisa meningkat 100 persen," katanya. n ari/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU